SOLOPOS.COM - Ford Fiesta. (Carscoops.com)

Mobil-mobil kompak seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Ford Fiesta harga jualnya diprediksi terus jatuh.

Solopos.com, SOLO – Harga jual kembali mobil-mobil berukuran kecil dan kompak seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Ford Fiesta disebut mengalami penurunan tajam sampai 26,1 persen. Padahal mobil seperti ini memiliki konsumsi BBM yang bagus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga jual kembali mobil-mobil kecil itu diprediksi akan terus menurun sampai 3 tahun ke depan.

“Mobil kecil sekarang permintaannya lagi turun dan mobil berukuran besar justru diminati,” ujar Wakil Presiden Black Book Anil Goyal seperti dilansir USA Today, Jumat (8/7/2016). Black Book adalah sebuah perusahaan analisis di Amerika.

Dalam survei lainnya yang dirilis Consumer Reports memperlihatkan pengendara masih menginginkan mobil dengan konsumsi BBM yang bagus. Dari hasil survei terhadap 1.052 orang dewasa, sekitar 84 persen konsumsi BBM adalah faktor penting, dan 73 persen responden merasa pemerintah harus tetap meneruskan ketentuan konsumsi BBM.

Sekitar 60 persen responsen mengaku akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk mobil yang irit BBM.

“Konsumen menginginkan kendaraan yang tidak menghabiskan uang mereka dengan cepat, baik itu untuk perbaikan atau bahan bakar,” ujar Shannon Baker-Branstetter dari Consumers Union.

Namun Goyal mengatakan calon pembeli mobil masih mementingkan nilai jual keseluruhan sebuah mobil ketimbang konsumsi BBM.

“Produsen sudah meningkatkan konsumsi BBM untuk mobil crossover dan SUV, tapi bukan itu pendorong utama penjualan,” ujar Goyal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya