SOLOPOS.COM - Skutik konsep Bajaj Blade. (Motorbeam.com)

Bursa motor skutik di India terus berkembang. Mengetahui hal itu, Bajaj ingin mengulang kembali kejayaannya beberapa tahun lalu.

Solopos.com, PUNE – Produsen motor sport asal India, Bajaj Auto, ingin menghidupkan kembali sektor skuter matik (skutik) mereka yang sempat mati suri. Perusahaan yang terkenal dengan varian Pulsar itu ingin merasakan lagi manisnya penjualan skutik di bursa motor India.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Penjualan skutik yang terus meningkat di bursa motor India beberapa tahun terakhir memicu semangat Bajaj untuk terjun kembali ke sektor bebek otomatis itu.

Setelah absen cukup lama, pabrikan berjuluk Serigala India itu dipastikan akan kembali dengan skutik yang dikembangkan dari konsep Bajaj Blade.

Seperti diberitakan situs otomotif India, Motorbeam, Minggu (8/3/2015), GM Bajaj Auto, Rajiv Bajaj, dikabarkan tengah menyusun strategi dan inovasi baru untuk menggebrak bursa motor India. Salah satu caranya dengan menghidupkan kembali segmen skuter mereka yang sempat berjaya sebelum skutik Jepang masuk India.

Salah satu hal yang mendasari pertimbangan Rajiv adalah angka penjualan kendaraan roda dua sejak April 2014 hingga Januari 2015  yang naik empat persen atau terjual sebanyak 9,11 juta unit. Dalam pembukuan itu, tercatat sektor skutik menempati 27 persen penjualan dengan terjual sebanyak 3,74 juta unit.

Sebelumnya, Bajaj hengkang dari pasar skuter di bursa motor India saat skutik mulai diperkenalkan oleh produsen Jepang di tanah Hindustan. Setahun setelah Bajaj menghentikan produksi skuternya, pasar skutik justru tumbuh pesat dari yang sebelumnya hanya 16 persen menjadi 21 persen dan saat ini mencapai 27 persen.

Skutik Populer di India

Salah satu skutik yang sangat populer di India hingga saat ini adalah Honda Activa. Tercatat, skutik besutan perusahaan berlambang sayap mengepak itu terjual sebanyak 200.000 unit setiap bulannya.

Di belakang Activa, bertengger dua skutik lokal India, yakni TVS Jupiter dan TVS Scooty. Dua skutik TVS itu masing-masing terjual sekitar 30.000 unit setiap bulannya.

Melirik keberhasilan Honda di India, Yamaha dan Suzuki pun ikut menancapkan cakarnya di bursa motor India segmen skutik. Tak mau kalah, produsen lokal, Hero Motor, juga ikut bermain di segmen yang terus tumbuh itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya