SOLOPOS.COM - Mobil listrik BAIC E 150EV. (Carnewschina.com)

Bursa mobil Malaysia akan kedatangan mobil listrik bakal BAIC Motor Tiongkok.

Solopos.com, SHANGHAI – Rekanan bisnis mobil nasional (mobnas) Esemka, Beijing Automotive International Corporation (BAIC Motor) akan “menggempur” bursa mobil Malaysia dengan produk mobil listrik.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Seperti dilansir laman Paultan, Senin (18/5/2015), BAIC Motor telah menandatangani kesepakaan kerja sama dengan produsen otomotif Malaysia, Amber Dual Sdn Bhd. Dalam kesepakatan itu dijelaskan BAIC Motor akan mendirikan pabrik di Malaysia dengan nilai investasi sebesar RM300 juta atau sekitar Rp1,1 triliun.

Pabrik baru itu akan dibangun di Gurun, Kedah, Malaysia pada semester kedua tahun 2015. Sedangkan produksi mobil listrik perdana akan dilakukan Juli 2016 dan peluncuran perdana rencananya juga akan dilakukan pada tahun yang sama.

“Kedah memiliki industri otomotif yang maju dan terus mengembangkan teknologinya. Dengan kehadiran BAIC, tentu perekonomian di wilayah itu semakin baik serta semakin menguatkan brand basis industri otomotif Malaysia,” ungkap Menteri Kedah, Datuk Seri Mukhriz Tun Mahathir.

Berdirinya pabrik mobil listrik BAIC Motor di Malaysia bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan mobil secara lokal di Negeri Jiran. Melainkan juga menjadi jembatan penetrasi BAIC Motor untuk masuk ke negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, BAIC Motor juga menawarkan kerja sama kepada AM Hendropriyono selaku Pimpinan PT Adiperkasa Citra Esemka yang kini mengambil alih PT Esemka dan mobil nasional Esemka.

Melihat besaran kucuran dana investasi yang diberikan untuk Malaysia, ada kemungkinan proyek mobil Esemka juga akan mendapat dana yang setara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat menegaskan bahwa mobil nasional nantinya akan memakai mesin bertenaga listrik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya