SOLOPOS.COM - Peluncuran Toyota Sienta di IIMS 2016. (Okezone.com)

Bursa mobil segmen MPV semakin panas setelah lahirnya Sienta.

Solopos.com, JAKARTA – Lahirnya Toyota Sienta membuat bursa mobil segmen MPV di Tanah Air semakin memanas. Lebih lagi mobil terbaru Toyota itu hadir dengan pintu geser layaknya kendaraan mewah sebagai andalannya.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Satu pabrikan sudah merasa terusik, yakni Honda. Mereka dikabarkan mulai mengebut pengerjaan Honda Freed generasi terbaru supaya bisa dirilis antara 2016-2017. Lantas bagaimana dengan Nissan?

General Manager Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Budi Nur Mukmin menjelaskan pihaknya tidak tertarik menciptakan mobil baru untuk menantang Sienta. Bukan karena takut, tetapi karena NMI sudah memiliki produk serupa, hanya lebih besar.

”Strategi kami tidak meniru kompetitor, dan sebetulnya kami juga punya model seperti itu [mobil MPV dengan pintu geser]. Kami ada Nissan Evalia, lainnya ada Nissan Serena,” ungkap Budi seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (15/4/2016).

Budi tidak memungkiri jika mobil berpintu geser memang memiliki daya tarik tersendiri. Menurutnya, itulah yang membuat pasarnya tetap ada. Itu terbukti melalui konsistennya penjualan mobil pintu geser milik Nissan meski dengan jumlah yang terbilang kecil.

Misalnya Nissan Evalia, menurut Budi, MPV itu terjual antara 100-200 unit per bulan tahun 2015 lalu. Sementara menurut data Gaikindo, pada Januari-Februari 2016, Evalia terjual sebanyak 77 unit. Sedangkan kakaknya, Nissan Serena, terjual 203 unit.

Untuk diketahui, selain terkesan lebih berkelas, mobil dengan pintu geser juga memiliki sejumlah keunggulan lain. Misalnya saja, tidak perlu ruang terlalu banyak untuk parkir dan lebih mudah bagi penumpang untuk mengakses kabin mobil.

Tetapi meski mengaku tidak terusik, bukan berarti NMI benar-benar diam tanpa perlawanan. Sebab pabrikan asal Jepang itu sebentar lagi merilis crossover tujuh penumpang (7-seater) lewat Datsun Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya