SOLOPOS.COM - Mobil Lexus hasil modifikasi Google. (Theguardian.co,uk)

Bursa mobil 2020 didominasi mobil berkemampuan autopilot.

Solopos.com, TOKYO – Tahun 2020, tren bursa mobil dunia mengarah ke mobil yang mampu berjalan tanpa sopir (autopilot). Diramalkan pada tahun tersebut raksasa otomotif Toyota kalah bersaing dengan raksasa teknologi Google.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ramalan kekalahan Toyota dari Google di bursa mobil masa depan itu diungkapkan oleh desainer mobil Porsche Boxter dan Ferrari F60 Enzo, Ken Okuyama.

Dalam hal mobil autopilot, Ken menilai Toyota yang saat ini berstatus sebagai produsen mobil terkaya di dunia justru sangat tertinggal. Sebab pabrikan yang bermarkas di Tokyo, Jepang itu baru sampai pada tahap semiautopilot.

“Jika pemain Jepang tidak hati-hati, risiko yang akan muncul adalah mereka yang saat ini menjadi pemain besar hanya menjadi penyedia mobil bagi perusahaan teknologi,” ungkap Ken seperti dilansir laman Automotivenews, Kamis (29/10/2015).

Menurut Okuyama, tanda-tanda kekalahan Toyota di bursa mobil masa depan sudah terlihat sejak Google menyulap puluhan mobil Lexus SUV, salah satu produk Toyota, sebagai mobil autopilot beberapa bulan lalu.

Kekhawatiran yang sama juga diungkapkan oleh President R&D Honda, Koichi Fukuo. Ia mengakui saat ini Google dan rivalnya, Apple, sangat agresif merekrut tenaga ahli dari pabrikan-pabrikan besar.

Seperti diketahui saat ini Google sudah berhasil menciptakan mobil autopilot. Bahkan beberapa mobil ciptaaan perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu sama sekali tidak dilengkapi setir, pedal gas, dan pedal rem.

Sementara itu di bursa mobil benua Eropa, kampanye penggunaan mobil autopilot juga mulai gencar disuarakan beberapa pabrikan otomotif seperti Mercedes Benz, Volvo dan Audi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya