SOLOPOS.COM - Toyota All New Kijang Innova. (Indianautosblog.com)

Bursa mobil India mengganjal penjualan mobil diesel Toyota.

Solopos.com, NEW DELHI – Mulai tahun ini India melarang pabrikan otomotif menjual kendaraan bermesin diesel ke bursa mobil. Peraturan tersebut rupanya berpotensi mengganggu penjualan Toyota Innova dan Fortuner varian diesel.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Berdasarkan keputusan Mahkamah Agung India, bursa mobil kini tertutup untuk mobil diesel bermesin 2.000 cc ke atas. Aturan itu dibuat lantaran polusi di India sudah terlalu parah dan mesin diesel dianggap sebagai penyumbang asap terbanyak.

Padahal jika sesuai rencana, Toyota India bakal meluncurkan Innova dan Fortuner terbaru Februari 2016 mendatang. Seperti diketahui, dua mobil itu mengandalkan mesin diesel GD generasi terbaru sebagai nilai jual utamanya.

Terkait aturan tersebut, Deputy Managing Director Commercial Toyota India, TS Jaishankar, mengatakan bisa saja peluncuran Innova dan Fortuner diesel dibatalkan. Sebagai gantinya, hanya mesin tipe bensin yang akan dirilis.

”Saat kami mulai menjual Innova dan Fortuner di India, kami sudah menawarkan varian mesin bensin, namun pada akhirnya permintaan mesin diesel lebih banyak. Tetapi melihat kondisi sekarang, sepertinya kami akan menawarkannya kembali,” ungkap Jaishankar sebagaimana dilansir laman Indianautosblog, Rabu (6/1/2016).

Jaishankar menambahkan, Toyota India telah menjual 91.588 unit mobil sepanjang April-November 2015. Sebanyak 50.711 unit di antaranya merupakan Innova dan Foruner yang sebagian besar adalah varian mesin diesel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya