SOLOPOS.COM - Suzuki Celerio. (Indianautosblog.com)

Bursa mobil India menempatkan Celerio sebagai mobil paling irit.

Solopos.com, NEW DELHI – India mulai membatasi produksi mobil diesel dengan alasan polusi. Tetapi di balik hal tersebut, mobil diesel ternyata masih mendominasi jajaran mobil paling irit di bursa mobil Negeri Hindustan.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Dihimpun Solopos.com dari laman Indiatimes, Sabtu (2/1/2016), berikut ini adalah lima mobil paling irit di bursa mobil India sepanjang 2015:

Suzuki Celerio Diesel
Mobil paling irit sepanjang 2015 adalah Suzuki Celerio Diesel. Mobil city car mungil bermesin 793 cc itu mampu menghasilkan tenaga 46 hp dengan konsumsi BBM mencapai 27,62 km per liter.

Honda Jazz Diesel
Posisi kedua dihuni oleh Honda Jazz Diesel model 2015. Mengusung mesin 1.500 cc I-DTEC bertenaga 100 hp dan torsi 200 Nm, hatchback merek Jepang itu mampu menghasilkan konsumsi BBM mencapai 27,3 km per liter.

Ford Figo
Sama seperti Jazz, hatchback Ford Figo juga dibekali mesin diesel 1.500 cc empat silinder dengan transmisi manual lima percepatan. Konsumsi BBM mencapai 25,83 km per liter namun tenaganya justru sedikit di bawah Jazz, yakni hanya 98 hp.

Renault Kwid
Renault Kwid menjadi mobil bensin pertama di jajaran mobil paling irit sepanjang 2015. Berbekal mesin 800 cc tiga silinder bertenaga 54 hp, hatchback kembaran Datsun Go Cross itu menghabiskan seliter bensin untuk menempuh jarak 25,17 km.

Suzuki Ertiga SHVS
Di posisi kelima ada Suzuki Ertiga. Tetapi bukan varian standar, melainkan Ertiga dengan fitur Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS). Dibekali mesin bensin 1.300 cc empat silinder, mobil keluarga itu memiliki konsumsi BBM 24,52 km per liter.

Efisiensi tersebut terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan Ertiga non-SHVS yang mencatatkan konsumsi BBM di angka 20,77 km per liter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya