SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu mobil. (Bmw.com)

Bursa mobil Amerika Serikat masih ditemui mobil dengan lampu membahayakan.

Solopos.com, KALIFORNIA – Organisasi pemerhati keselamatan jalan raya Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengatakan di bursa mobil Amerika Serikat (AS) masih dijumpai kendaraan dengan nyala lampu yang membahayakan pengendara lain.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Seperti dilansir laman Autoblog, Jumat (1/4/2016), dari 30 model yang diuji, 11 mobil di antaranya dinyatakan memiliki nyala lampu yang aman, sembilan mobil rata-rata, dan 10 mobil sisanya dinyatakan berbahaya.

Sejumlah mobil yang memiliki nyala lampu aman itu adalah Toyota Prius V, Honda Accord, Audi A3, dan Nissan Maxima. Sementara yang dinyatakan berbahaya antara lain Chevrolet Malibu, Kia Optima, dan VW Passat.

Salah satu petinggi IIHS, Matthew Brumbelow, menjelaskan nyala lampu yang terlalu menyilaukan memang berpotensi besar menyebabkan kecelakaan, terutama saat sore menjelang malam hari.

Kendati demikian hal itu bukan masalah serius jika pemilik mobil segera mengganti lampu mobilnya dengan komponen yang dinyatakan aman.

Terkait pengujian IIHS pada 30 produk di bursa mobil itu, asosiasi industri kendaraan bermotor AS yang terdiri dari Toyota, Ford, General Motors, Volkswagen, dan sejumlah merek lain mengaku enggan memberi komentar.

Tetapi sebagai informasi, Badan Keselamatan Lalu Lintas AS (NHTSA) pernah merilis data bahwa 49 persen kematian akibat lalu lintas terjadi di malam hari. Sayangnya tidak disebutkan kematian itu akibat nyala lampu mobil atau perilaku mengemudi yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya