SOLOPOS.COM - Toyota Sienta. (Okezone.com)

Bursa mobil segmen kurang sesuai dengan filosofi Daihastu.

Solopos.com, JAKARTA – Di bursa mobil Indonesia, tiga produk Toyota diproduksi oleh Daihastu dan dihadirkan kembarannya. Mereka adalah Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Agya-Ayla. Lantas kenapa tidak memproduksi kembaran Toyota Sienta, Daihatsu?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amleia Tjandra, diperoleh jawaban bahwa mobil Toyota Sienta kurang sejalan dengan filosofi yang selama ini dianut Daihatsu Motor Company di Jepang.

“Toyota Sienta kenapa tidak dari Daihatsu karena itu bukan mobil compact [ringkas]. Daihatsu selalu compact kan, kalau bukan compact bukan di Daihatsu,” jawab Amelia sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Otosia, Selasa (10/5/2016).

Amelia menjelaskan compact yang ia maksud mengacu pada kendaraan yang tidak terlalu besar namun dapat memuat banyak, baik penumpang maupun barang. Selain itu secara harga, Amelia menyebut Sienta memiliki pasar yang berbeda dari mobil-mobil Daihatsu.

Sebagai informasi, Toyota Sienta akan diproduksi oleh PT Toyoto Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat Juli mendatang. Mobil itu memiliki empat tipe, yaitu E, G, V, dan Q. Seluruhnya dibekali mesin 2NR-FE 1.500 cc Dual VVT-I.

Target penjualan yang dipasang Toyota untuk mobil dengan ciri khas pintu geser (sliding door) itu memang tidak sebanyak Kijang Innova maupun Avanza. Tetapi pabrikan asal Jepang itu mengaku tetap akan memasarkan Toyota Sienta ke bursa mobil luar negeri.

“Sienta rencananya akan diekspor ke dua negara, Malaysia dan Thailand di akhir tahun. Tapi kami akan pastikan terlebih dahulu mencukupi kebutuhan konsumen di Indonesia,” ungkap Senior Managing Executive Coordinator PT Toyota Astra Motor (TAM), Shuichi Ishii seperti dilansir laman Okezone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya