SOLOPOS.COM - Ilustrasi Toyota Avanza di Nasmoco (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO Toyota Astra Motor (TAM) gencar melakukan berbagai macam kegiatan untuk mempertahankan posisi Avanza sebagai mobil pilihan keluarga di tengah gempuran kompetitor. Demi tujuan itu, Sabtu (16/8/2014), seluruh diler Toyota di Indonesia secara serentak mengadakan Avanza Merdeka.

Supervisor Nasmoco Solo Baru Heru D. Prismiawan menyampaikan penjualan Avanza selama ini relatif stabil. Market share pun naik 1% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy) menjadi 31,8% pada semester I tahun ini. Diakuinya peningkatan memang tidak terlalu tinggi karena saat ini pasar otomotif sedang turun akibat pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Melalui kegiatan ini untuk meningkatkan loyalitas konsumen setia Avanza di tengah gempuran Mobilio yang saat ini juga diminati konsumen. Selain itu, Avanza Merdeka juga diadakan untuk memeriahkan HUT ke-69 RI,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (16/8/2014).

Dia menjelaskan, saat ini, Avanza masih memiliki kontribusi paling besar dalam penjualan Toyota, yakni 40,3% kemudian disusul Agya sebanyak 20,7% dan Kijang Innova sebanyak 15,2%. Heru menuturkan target penjualan pada semester I memang hanya 48% dari total target.

Meski begitu, pihaknya optimistis mampu mencapai target pada semester II. Apalagi saat kondisi benar-benar aman. Menurut dia, saat ini penjualan belum menggembirakan karena masih menunggu keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) dan kondusivitas lingkungan.

Oleh karena itu, TAM dan Nasmoco Group terus berupaya menggenjot penjualan dengan berbagai macam program dan promosi. Strategi yang diambil adalah menonjolkan keunggulan produk sebagai jawaban kebutuhan konsumen. Apalagi karakteristik konsumen Soloraya kebanyakan menginginkan mobil besar yang bisa digunakan keluarga.

Lebih lanjut dia menuturkan, pada semester awal tahun ini kebanyakan yang diminati adalah mobil dengan harga di bawah Rp170 juta untuk mobil passanger dan komersil. Akibatnya banyak konsumen yang beralih ke low cost green car (LCGC).

Pada gelaran tersebut pihaknya menargetkan penjualan cukup tinggi, yakni 45 surat pembelian kendaraan (SPK). Pihaknya optimistis karena ada promo menarik berupa bonus asesoris. Apalagi saat ini tipe mobil lainnya juga makin diminati konsumen, seperti Agya, Kijang Innova, Rush dan New Yaris.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya