SOLOPOS.COM - Daihatsu Sirion Sport. (Okezone.com)

Bursa mobil India akan kedatangan mobil Daihatsu untuk kali pertama.

Solopos.com, NEW DELHI – Duet Toyota-Daihatsu di segmen mobil hatchback berlanjut ke India. Tetapi tidak seperti di Indonesia yang masing-masing memiliki produk sendiri, Daihatsu di India hanya akan bermain di belakang layar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Pelaksana Toyota India, Naomi Ishii mengaku kurang sukses di bursa mobil segmen hatchback mungil. Strategi baru pun dipilih, yakni menjual mobil Daihatsu namun emblem dan mereknya diganti dengan Toyota.

”Daihatsu memiliki pengalaman baik di segmen mobil mungil. Kami ingin memanfaatkan kemampuan itu dalam mendesain, mengembangkan, dan memproduksi mobil mungil yang kompetitif di India,” ungkap Naomi seperti dilansir laman Drivespark, Senin (28/3/2016).

Selain untuk menghadirkan mobil dengan harga dan fitur yang bersaing, Toyota sengaja tidak menggunakan nama Daihatsu lantaran tidak ingin membuat konsumen di India dibingungkan dengan banyaknya pilihan merek.

”Akan menjadi sulit jika kami harus menyiapkan identitas ritel baru untuk mengenalkan Daihatsu. Jadi kami memilih menggunakan merek Toyota dan memasarkannya lewat jaringan diler kami,” imbuh Naomi.

Dikutip Solopos.com dari laman Ibtimes, penjualan Toyota di bursa mobil India segmen hatchback bergantung pada model Etios. Harganya memang bersaing, namun kualitas dan kelengkapan fitur yang ditawarkan dinilai kurang istimewa.

Pabrikan yang paling sukses menjual mobil mungil di India adalah Suzuki. Menyusul di belakangnya ada Honda, Hyundai, dan pabrikan lokal Tata Motors. Kendati demikian, rencana Toyota menghadirkan Daihatsu baru akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya