SOLOPOS.COM - Daihatsu Move 660 cc. (Autocar.jp)

Bursa mobil Daihatsu di Jepang sempat diduga curang seperti Mitsubishi.

Solopos.com, TOKYO – Daihatsu Motor Corp dituding ikut melakukan kecurangan dalam pengujian konsumsi BBM pada mobil-mobilnya. Hal itu menyusul terkuaknya skandal yang dilakukan Mitsubishi di bursa mobil Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi dalam konferensi pers, Senior Managing Executive Officer Daihatsu Motor Noriyoshi Matsushita menjawab dengan tegas bahwa perusahaannya selama berbisnis di bursa mobil Negeri Samurai tidak pernah terlibat dalam isu yang tengah memanas tersebut.

“Tidak! Tentu saja kami selalu mematuhi regulasi yang ada,” tegas Matsushita seperti dikutip Solopos.com dari laman Channel News Asia, Sabtu (30/4/2016).

Bukan tanpa alasan tuduhan itu ditujukan kepada Daihatsu. Sebab anak perusahaan Toyota itu merupakan pemimpin pasar pada segmen mobil mungil 660 cc dan disusul oleh Suzuki di belakangnya. Nah, pada segmen itu pula Mitsubishi ketahuan telah melakukan kecurangan.

Sederet mobil yang dicurangi pabrikan berlambang tiga berlian itu adalah Mitsubishi Ek Wagon dan Ek Space, serta model Dayz dan Dayz Roox yang diproduksi khusus untuk Nissan. Mitsubishi mengklaim mobil tersebut mampu berjalan sejauh 30 km dengan seliter BBM. Tetapi faktanya tidak demikian dan lebih boros sekitar tujuh persen.

Penjualan Mitsubishi Anjlok
Sementara dalam jumpa pers di tempat berbeda, Mitsubishi mengumumkan penjualan mobilnya di bursa mobil Jepang sudah berkurang sampai setengahnya semenjak kasus kecurangan itu dipublikasikan.

“Sejak kami membuat pengumuman pada 20 April, pemesanan harian kendaraan sudah berkurang setengahnya. Tetapi saya tidak akan mundur [dari jabatan] karena ini sudah menjadi tanggung jawab saya untuk memulihkan kondisi perusahaan,” ungkap Chief Operation Officer Mitsubishi, Tetsuro Aikawa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya