SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa kerja (Dok/Antara)

Kanalsemarang.com, KUDUS-Pameran bursa tenaga kerja yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang diikuti sebanyak 20 perusahan, Rabu (20/8/2014), tersedia 4.200 lowongan baru.

“Jumlah perusahaan yang mengikuti pameran bursa tenaga kerja sebanyak 20 perusahaan di Kudus dan sekitarnya, dengan jumlah lowongan yang disediakan masing-masing perusahaan bervariasi,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kudus, Catur Widiyanto seperti dikutip Antara, Rabu.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ia mengatakan, bursa kerja tersebut digelar selama dua hari, yakni Rabu (20/8/2014) dan Kamis (21/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Masyarakat yang ingin memanfaatkan bursa kerja tersebut, katanya, tidak dikenakan biaya atau gratis.

Adapun jumlah pengunjung yang ditargetkan selama pelaksanaan bursa kerja tersebut, yakni 5.000 pengunjung yang mencari lowongan pekerjaan.

Bursa kerja tersebut, lanjut dia, sengaja dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus karena pemkab bercita-cita BLK Kudus menjadi sentra ketenagakerjaan.

Rencananya, kata dia, bursa kerja tersebut digelar secara rutin setiap tahun. “Jika memungkinkan akan digelar dua kali dalam setahun, yakni bulan Agustus dan November,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kudus, Musthofa berharap, dengan adanya bursa kerja ini bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kudus.

Ia berharap, BLK dapat meningkatkan peranannya secara optimal, di antaranya dengan melabeli BLK Kudus merupakan sentral segala urusan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

“Setidaknya semua pelayanan yang terpusat di satu lokasi lebih memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Dinsosnakertrans Kudus juga harus jelas dalam menginventarisasi jumlah pencari kerja sesuai dengan kualifikasinya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, dia juga berharap, perusahaan yang mencari tenaga kerja tidak hanya berkutat di dunia pemasaran seperti yang selama ini terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya