SOLOPOS.COM - Suasana hari pertama Career Days di Grha Sabha Pramana UGM dengan tema "18th Career Days UGM", Sabtu (29/8/2015). (Harian Jogja/Joko Nugroho)

Bursa kerja UGM diserbu 19.000 pencari kerja di hari pertama

Harianjogja.com, SLEMAN – ECC UGM kembali menggelar Career Days pada 29 dan 30 Agustus 2015 di Grha Sabha Pramana UGM. Dengan tema “18th Career Days UGM”, acara ini telah dihadiri 19.000 pencari kerja pada pelaksanaan hari pertama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Head of ECC UGM Nurhadi mengatakan di sini ada 59 perusahaan yang bergabung dan ikut meramaikan dunia pencari kerja ini. Jumlah ini perusahaan yang tertarik ini terus bertambah dari tahun ke tahun.

“Jumlah pencari kerja dan perusahaan yang ikut serta dalam acara tahunan ini selalu bertambah. Kami berharap career day ECC UGM bisa menjadi wadah bertemunya pencari kerja dan perusahaan langsung,” kata Nurhadi  di UGM, Sabtu (29/8/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Nurhadi menambahkan tahun ini seperti menjadi tahunnya star up. Banyak perusahaan star up yang mendaftarkan diri dan banyak dicari pula oleh pekerja, mulai dari blibli.com, lazada hingga kaskus.

“Tahun ini didominasi situs jual beli online, sedangkan urutan ke dua masih ada perbankan. Sedangkan perusahaan perminyakan kini malah mulai menurun. Kami baru mendapatkan dua perusahaan yang bergabung,” kata Nurhadi.

Nurhadi mengaku, hampir semua aspek bidang pekerjaan tersedia dalam career day ini. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mengincar divisi yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin. Jadi mereka merekrut untuk dilatih jadi pemimpin masa depan perusahaan mereka.

“Program development ini sudah banyak ditemui di perusahaan besar di Indonesia. Mereka tidak hanya merencanakan mengambil pelamar untuk langsung bekerja saja namun mengincar untuk mengisi bakal kekosongan salah satu bangku pimpinan mereka,” lanjut Nurhadi.

Selain menjadi alat bertemunya pelamar dan perusahaa secara langsung, di sini juga mengisi layanan training dan konseling. Layanan konseling dan training ini berikan secara gratis.

“Kami mengajak beberapa perusahaan untuk mengisi training di sini. Sedangkan untuk konseling kami juga menyiapkan empat orang untuk melayani keluhan para pencari kerja, termasuk memberikan arahan kecocokan bekerja dimana,” jelas Nurhadi.

Jobfair yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2007 ini terbuka untuk umum, tanpa dipungut biaya apapun. Ratusan lowongan ditawarkan langsung pada kesempatan ini dan dapat juga dilihat secara online melalui www.ecc.ft.ugm.ac.id .

Beberapa perusahaan yang menjadi partisipan, antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Darta Media Indonesia (Kaskus), SHOPEE Indonesia, Schlumberger Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics), Garena Indonesia, PT PLN (Persero), PT Bank Central Asia Tbk, dan masih banyak lagi perusahaan lainnya yang akan hadir dan menawarkan pekerjaan bagi para jobseeker.

Salah saru pelamar, Andi Ardyansah mengaku sangat terbantu dengan diadakannya career day ini. Khususnya untuk membantu bertemu langsung dengan perusahaan yang dibutuhkannya.

“Terlebih semua ini gratis. Dimana lagi kami bisa bertemu dengan perusahaan secara langsung dengan gratis. Bahkan hari ini saya sudah ikut dalam tes dua perusahaan karena sudah melakukan registrasi sebulan sebelum penyelenggaraan,” jelas Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya