Tutup Iklan

BURSA KERJA KLATEN : Perusahaan Tekstil Hingga Warung Soto Tawarkan Lowongan

BURSA KERJA KLATEN : Perusahaan Tekstil Hingga Warung Soto Tawarkan Lowongan

SOLOPOS.COM - Pencari kerja memadati area job fair atau bursa kerja yang digelar Pemkab Klaten di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa (18/10/2016). Sebanyak 9.161 lowongan kerja ditawarkan selama bursa kerja yang digelar hingga Rabu (19/10/2016) itu. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Bursa kerja Klaten, Pemkab Klaten mengadakan bursa kerja yang diikuti mulai dari perusahaan tekstil hingga warung soto.

Solopos.com, KLATEN — Sri Teguh Yuwono, 21, warga Desa Klepu, Ceper, mempersiapkan berkas surat lamaran kerja di panggung di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa (18/10/2016) pagi.

Mengenakan kemeja dan celana panjang warna hitam, lulusan SMAN 1 Ceper Jurusan IPA tersebut menata berkas lamaran mulai dari foto berwarna, surat lamaran kerja ditulis tangan, daftar riwayat hidup, serta ijazah dengan rapi lalu dimasukkan amplop cokelat.

Dengan percaya diri, Teguh menyerahkan amplop berisi berkas persyaratan lamaran kerja itu ke petugas salah satu stan perusahaan peserta job fair atau bursa kerja. “Mendaftar ke Naga Mas Motor jadi customer service. Mudah-mudahan diterima,” kata pria yang saat ini bekerja menjaga counter ponsel itu saat diwawancarai Solopos.com.

Tak hanya satu, Teguh membawa dua berkas lamaran kerja untuk diserahkan ke perusahaan lain. “Belum tahu mau dimasukkan ke mana lagi. Ini baru lihat-lihat dulu,” katanya.

Sebanyak 50 perusahaan mengikuti bursa kerja Pemkab Klaten di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa-Rabu (18-19/10/2016). Perusahaan peserta bursa kerja itu beragam mulai perusahaan tekstil seperti PT Danliris dan Sritex hingga warung soto seperti Soto Sedap.

Bursa kerja tersebut menyedot ribuan pencari kerja yang terus berdatangan. Sebagian pencari kerja sudah memantapkan pilihan melamar ke perusahaan peserta bursa kerja. Namun, ada juga yang masih bingung.

“Saya enam bulan ini pulang ke Klaten. Sebelumnya bekerja di Jakarta. Belum tahu ini mau daftar perusahaan apa,” kata Nanung, 24, pria asal Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo.

Kepala Dinsosnakertrans Klaten, Surti Hartini, mengatakan 50 perusahaan peserta bursa kerja berasal dari Soloraya dan luar Jawa. Perusahaan peserta bursa kerja beragam seperti perusahaan tekstil, pakaian jadi, penerbitan dan percetakan, perdagangan, jasa keuangan dan perbankan, industri baja, serta furnitur.

Selain itu, terdapat perusahaan peserta bursa kerja dengan penempatan kerja di wilayah Batam hingga luar negeri. Sementara itu, jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan sebanyak 9.161 lowongan pekerjaan misalnya tenaga produksi, tenaga usaha jasa, tenaga usaha penjualan, tenaga tata usaha, teknisi, dan ketatalaksanaan.

Jumlah pencari kerja di Klaten hingga September 2016 tercatat 19.623 orang. Jumlah itu terdiri atas 13.813 pria dan 5.810 perempuan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar