SOLOPOS.COM - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (Asmaul Chusna)

Bursa kerja Kediri diselenggarakan pemerintah kota setempat.

Madiunpos.com, KEDIRI — Pemerintah Kota Kediri bursa kerja di GNI Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (28/10/2015). Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar optimistis bursa kerja yang diselenggarakan oleh pemkot itu bisa menjadi alternatif mengurangi jumlah pengangguran di kotanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan bursa kerja bisa menggaet perusahaan dan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Kediri,” katanya dalam kegiatan bursa tenaga kerja di GNI Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (28/10/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dimana masyarakat bisa mencari informasi terkait dengan lowongan pekerjaan. Para pencari kerja pun bisa mencari informasi dan memasukkan lamaran pekerjaan sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan.

Ia berharap dengan adanya bursa kerja ini memberikan dampak yang positif, bukan hanya pada perusahaan melainkan pada masyarakat di Kediri. Ia berharap, ke depan iklim investasi di Kediri juga lebih beragam, sehingga kota ini bisa lebih maju lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kediri Dewi Sartika mengatakan kegiatan bursa kerja ini diikuti sekitar 40 perusahaan baik tingkat nasional maupun lokal.

“Satu hari saya targetkan 3.000 orang. Kegiatan ini diikuti 40 perusahaan. Kegiatan ini sesuai dengan visi misi Pak Wali, yang salah satunya mengurangi pengangguran,” katanya.

Pengangguran 11,4%
Ia mengatakan, jumlah pengangguran terbuka di Kota Kediri mencapai 11,4% dari jumlah penduduk di Kediri yang mencapai sekitar lebih dari 250.000 orang. Diharapkan dengan bursa kerja ini, nantinya bisa menurunkan jumlah pengangguran terbuka di kota ini sekitar 8%. “Kami berharap nantinya pengangguran terbuka bisa turun sekitar 8%,” tegasnya.

Sementara itu, antusias pengunjung yang ikut dalam bursa kerja cukup tinggi. Mereka datang dari berbagai daerah. Selain itu, mereka juga sudah menyiapkan berbagai macam surat untuk rencana mau dimasukkan dalam lamaran kerja.

Martiono, salah seorang pengunjung mengatakan sengaja datang ke bursa kerja. Ia ingin melamar pekerjaan yang sesuai dengan yang ia inginkan di kantor.

“Saya baru lulus, jadi datang ke bursa kerja mencari informasi tentang lowongan pekerjaan,” kata pria yang lulus dari salah satu universitas swasta di Kota Kediri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya