Tutup Iklan

BURSA KERJA: Boyolali Buka Lowongan 28 Enumerator Riskesdas

BURSA KERJA: Boyolali Buka Lowongan 28 Enumerator Riskesdas

SOLOPOS.COM - Form di laman situs resmi Kabupaten Boyolali. (Istimewa/Boyolali.go.id)

Syarat umumnya antara lain berusia maksimal 40 tahun pada 1 April 2018.

Solopos.com, BOYOLALI - Masyarakat Boyolali yang berlatar pendidikan bidang kesehatan berkesempatan menjadi tenaga enumerator Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Tahun ini, Boyolali membuka lowongan bagi 28 orang untuk menjadi tenaga riset  bidang kesehatan tersebut.

Bagi dokter, analis kesehatan, perawat, kesehatan masyarakat dan lainnya yang berminat dengan program ini masih berkesempatan mendaftar hingga 20 Februari 2018. Syarat umumnya antara lain berusia maksimal 40 tahun pada 1 April 2018 dan bukan seorang pegawai negeri sipil PNS. Penjelasan dan formulir pendaftaran bisa diakses melalui website www.boyolali.go.id dan http://dinaskesehatan.boyolalikab.go.id/arsip/2018/02/form.pdf.

Kasubbag Perencanaan Pelaporan dan Informasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Agus Priyanto, Kamis (15/2/2018) mengatakan, Riskesdas merupakan penelitian berbasis masyarakat dengan metode sampling yang diintegrasikan dengan data Survei Sosial Ekonomi Nasional [Susenas] dari Badan Pusat Statistik [BPS].

Agus yang juga Penanggungjawab Operasional (PJO) Riskesdas Boyolali ini menambahkan, riset ini bertujuan menyediakan informasi derajat kesehatan yang telah dicapai selama kurun waktu lima tahun terakhir dan informasi besaran masalah faktor risiko terkait derajat kesehatan. “Hasil riset akan dijadikan bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan pembangunan kesehatan di Indonesia,” ujarnya sebagaimana disampaikan dalam rilis Pemkab, Kamis.

Program yang pernah dilakukan 2013 ini diselenggarakan Kementerian Kesehatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes). Tujuannya untuk mendapatkan gambaran dasar tentang kesehatan masyarakat yang mencakup biomedis dan informasi kesehatan penting lainnya.

“Pelaksanaan Riskesdas 2018 ini membutuhkan tenaga enumerator di setiap wilayah. Jawa Tengah merekrut 912 orang enumerator dan dari Boyolali dijatah 28 orang. Namun jika tidak memenuhi kuota tersebut akan disubsidi peserta dari daerah lain yang ditentukan panitia Provinsi,” imbuhnya.

Tim Riskesdas direncanakan akan bekerja selama sebulan di lokasi yang disesuaikan data Susenas dengan informasi yang digali meliputi indikator morbiditas, disabilitas, dan status gizi. Dengan mengintegrasi dengan Susenas diharapkan tidak terjadi lagi overlapping pertanyaan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.