SOLOPOS.COM - Donald Trump (JIBI/Reuters/Brendan McDermid)

Bursa Capres AS diramaikan oleh sosok kontroversial Donald Trump.

Solopos.com, NEW YORK – Salah satu orang terkaya di Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertekad maju dalam Pemilihan Presiden AS 2015. Trump dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belum lama ini, Trump melancarkan perang dingin ke sejumlah nama lain yang digadang-gadang bakal maju dalam pencapresan. Dia sudah melancarkan kritik tajam kepada Barack Obama dan mengomentari sepak terjang John Kerry sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Trump dikenal juga sebagai pembawa acara reality show The Apprentice. Gaya hidupnya yang flamboyan menjadi sorotan publik. Hidupnya mewah, punya helikoter dan pesawat bertahtakan emas. Namun ada pula sorotan-sorotan miring soal dirinya.

Rambut Palsu

Kabar pertama yang paling banyak disorot publik adalah mengenai Trump diisukan mengenakan rambut palsu di kepalanya. Jika diamati, memang rambut Trump terlihat normal-normal saja, berwarna pirang dan sedikit menjambul. Namun setidaknya orang kaya dari AS pernah menyinggung soal rambut Trump.

Dilansir Forbes, milinuer asal AS Mark Cuban yang juga sebagai pemilik klub basket Dallas Mavericks berani bertaruh perihal rambut Trump.

Mark Cuban menantang miliuner Donald Trump untuk berani mencukur rambutnya. Jika Trump berani, Cuban berjanji akan merogoh kocek US$1 juta atau Rp9 miliar untuk acara amal.

Cuban yang memiliki kekayaan hingga US$2,3 miliar ini tentu saja mampu mengeluarkan US$1 juta. Dia mengutarakan tantangannya kepada Trump dalam sesi wawancara pada sebuah stasiun televisi di AS.

“Tawaran yang dia (Trump) buat untuk US$ 5 juta itu adalah hal paling bodoh. Saya berpikir untuk merespons itu, mungkin saya akan mengeluarkan uang US$ 1 juta atau US$ 2 juta kalau Trump berani untuk mencukur rambutnya. Bagaimana menurutmu?” kata Cuban dalam wawancara tersebut.

Beberapa lama setelah itu, Cuban pun berbicara lagi seolah dia menantang Donald Trump. “Donald, kamu cukur rambutmu, satu juta dolar untuk acara amal yang kau mau,” tantang Cuban, seperti dilansir Detik, mengutip laporan Forbes, Kamis (18/6/2015).
Trump sendiri pernah membuktikan secara tak langsung lewat tantangan ice bucket challenge yang dilakukannya dengan dibantu Miss Universe dan Miss USA. Aksi simpati kepada penderita ALS itu diunggah oleh akun “Trump” di situs Youtube pada 28 Agustus 2014.

“Homer Simpson, Mike Tyson, Vince McMahon. Saya rasa mereka ingin melihat apakah rambut saya ini asli atau tidak. Inilah,” kata Trump sesaat sebelum disiram air es dari dua baskom.

Setelah basah diguyur air es, rambut Trump tak copot. Dia lantas menyeka rambutnya ke belakang, dan ternyata tak copot juga, nampak rambut itu betul-betul tertanam di kulit kepalanya.

Namanya Seharga US$3 Miliar

Selain rambut, hal kontroversial lain dari Trump adalah namanya mempunyai harga US$3 miliar. Aset terbesarnya itu berasal dari nilai brand.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/11/2011), dijelaskan berdasarkan tulisan dalam buku Trump Time to Get Though, nilai brand nama Trump dibuat oleh Predictive, sebuah perusahaan valuasi merek yang disegani.

Dikatakan, perusahaan itu menghitung dampak finansial dari sisi intangible seperti brand, eksekusi strategi, inovasi dan integrasi setelah merger.

Pada 2011 kala itu, Donald Trump mengaku total nilai kekayaannya mencapai US$7 miliar. Angka itu tentu saja lebih besar dari perkiraan majalah Forbes pada September 2011 yang menaksir kekayaan Pengusaha properti, bintang acara realitas itu sebesar US$2,9 miliar.

Kontroversi lain dari Trum adalah tentu saja gaya hidupnya yang dinilai berlebihan. Salah satunya adalah pesawat mewahnya.

Pesawat Trump dilengkapi dengan ruang makan khusus, lounge, VIP Area dan kamar tidur tamu. Emas 24 karat dilapisi di seat belt tempat duduk pesawat. Setiap tempat duduk juga dilengkapi dengan audio-visual sistem.

Mau mencari dimana letak barang yang dilapisi emas lagi? Trump menaruhnya di kamar mandi. Shower dan washtafelnya juga dilapisi emas 24 karat.

Donald Trump juga diketahui memiliki tak hanya satu, tapi beberapa helikopter pribadi. Salah satunya adalah Sikorsky S-76 yang ditempatkan di bengkel pesawat terbang khusus kalangan jetset yang dimiliki Eric Roth.

Nama Roth sendiri terkenal ahli dalam bidang interior pesawat mewah. Harga helikopter Sikorsky S-76 di pasaran mulai US$ 5-7 juta.

Untuk biaya perombakan interior ini, setidaknya Trump harus mengeluarkan sekitar US$750.000 (Rp 9,7 miliar). “Kami akan mempreteli seluruh badan helikopter dan memulainya lagi dari nol,” kata Roth kepada CNBC, Kamis (19/3/2015).



Seluruh interior bakal dilapisi emas 24 karat, dari tempat duduk sampai pegangan tangan di dinding. Ada rak minuman dengan merek Trump Ice Spring Water.

Trump juga meminta ada lambang keluarnya di samping helikopter, tentunya dilapis emas juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya