SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas kebersihan memindahkan sampah dari gerobak ke mobil pengangkut sampah. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Desa Buran Tasikmadu memiliki bank sampah yang menjadi andalan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Buran, Tasikmadu, terpilih mewakili Kabupaten Karanganyar pada lomba lingkungan bersih sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Persiapan mulai beberapa hari lalu. Senin [18/9/2017] penilaian dari tim Provinsi Jateng ke lokasi. Mereka mengecek kondisi riil. Kami siapkan administrasi pendukung menuju desa yang memiliki lingkungan bersih dan sehat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar, Heru Purwoto, saat dihubungi, Minggu (17/9/2017).

Heru menyebut bank sampah di Buran sebagai salah satu andalan di Karanganyar. Pengelolaan sampah di Buran termasuk kategori tempat pengelolaan sampah [TPS] Reuse, Reduce, dan Recycle [3R]. “Buran sudah bisa dikatakan desa mandiri sampah. Sudah banyak kabupaten/kota berkunjung ke Buran. Mereka belajar pengelolaan sampah,” tutur dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karanganyar, Siti Khomsiyah, memaparkan program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar terkait program kerja PKK. Aturan yang dimaksud Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah dan Retribusi Kebersihan, Perbup tentang Sanitasi Menyeluruh, dan lain-lain.

“Pemkab juga menggandeng pihak swasta untuk pengelolaan limbah dan sampah,” tutur Siti saat menyampaikan paparan di hadapan Tim Verifikasi Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Sehat tingkat Provinsi Tahun 2017, Senin.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, berharap pengelolaan sampah menggunakan metode TPS 3R dapat dilaksanakan di Karanganyar secara menyeluruh.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Provinsi Jateng, Elly Sugardini, membacakan sambutan Ketua TP PKK Provinsi Jateng, Siti Atikoh Supriyanti.

“Setelah verifikasi administrasi, Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu nominasi. Kami laksanakan penilaian langsung ke Desa Buran. Apakah sesuai yang telah dilaporkan. Harapan saya memperoleh hasil terbaik. Mengantarkan Jateng meraih prestasi di tingkat nasional,” ujar Elly saat membacakan sambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya