SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

Bursa ketua DPC PDIP Wonogiri dimulai. Danar Rahmanto yang juga Bupati Wonogiri mengikuti tes calon ketua DPC PDIP.

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto bersama lima kandidat Ketua DPC PDIP Wonogiri telah mengikuti tes internal partai di Semarang, Jumat (30/1/2015).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lima kandidat lain adalah empat orang saat ini masih menjabat pengurus DPC PDIP, seperti Joko Sutopo, Setyo Sukarno, Sriyono dan Gimanto serta satu calon lagi mantan Ketua PAC PDIP Wonogiri, Sugeng Prihanto.

Pada bagian lain, DPC PDIP minggu ini atau awal Februari akan membuka pendaftaran Kepala Daerah (kepda) Wonogiri. Enam kandidat tinggal menunggu hasil koreksi yang dilakukan oleh panitia dari DPP PDIP untuk berebut kursi banteng moncong putih Wonogiri.

Tiga nama yang direkomendasikan oleh DPP PDIP sedangkan tiga nama lagi gugur. Tiga nama yang direkomendasikan akan dibuka di forum Konfercab PDIP yang dijadwalkan Februari tahun ini. Penegasan itu disampaikan Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo di kantornya, Senin (2/2).

“Tes calon ketua DPC PDIP dijadwalkan Jumat akhir pekan kemarin. Tes diikuti enam orang dan 15 calon. Jadi sembilan calon tidak hadir dengan berbagai pertimbangan. Karenanya, ke-9 kandidat yang tak hadir dianggap mundur dari pencalonan karena tidak memenuhi syarat tahapan yang ditentukan seusai SK DPP,” ujarnya.

Joko yang akrab dipanggil Jekek menerangkan, tahapan berikutnya setelah seleksi tertulis adalah verifikasi panitia dan internal DPD PDIP Jateng dan DPP PDIP.

“Setelah penilaian internal selesai tahapan akhir dituangkan dalam rekomendasi. Penjadwalan turunnya rekomendasi yang berisi tiga bakal calon Ketua DPC PDIP menjadi otoritas DPP.”

Lebih lanjut dijelaskannya, pengarahan di forum rakerda beberapa waktu lalu, konfercab harus selesai pada Februari karena Maret sudah persiapan kongres yang dijadwalkan 10 April kongres. Pada bagian lain, Jekek mengatakan, hanya 66 peserta calon Ketua PAC PDIP dari 99 calon yang mengikuti tes.

“Otomatis 66 kandidat itu yang berhak mengisi Ketua PAC di 25 kecamatan di Wonogiri. DPC PDIP Wonogiri akan melaporkan kondisi riil, yang tidak hadir tetap dilaporkan tidak hadir. Tiga nama calon akan direkomendasikan untuk dibahas di forum musancab (musyawarah anak cabang). Kapan musancab digelar sampai hari ini belum mendapatkan instruksi.”

Pada bagian lain, Jekek menegaskan, minggu ini akan dibuka pendaftaran calon Bupati dan calon Wakil Bupati Wonogiri. “Hari H masih dimusyawarahkan. Yang jelas minggu ini dibuka pendaftaran.”

Terpisah, Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto saat mengonfirmasi menyebutkan selain dirinya ada lima kandidat lain dari Wonogiri yakni Joko Sutopo, Sugeng Prihanti, Setyo Sukarno, Sriyono dan Gimanto yang mengikuti tes calon Ketua DPC PDIP. Tes dilangsungkan sehari pada Jumat (30/1/2015).

Menurutnya, tes bagi pimpinan partai sangat bagus karena pengujiannya lengkap. “Ada uji intelektual, uji mental dan juga wawasan kebangsaan. Para calon Ketua DPC PDIP wajib memiliki sikap mental seperti itu tercantum pada Tri Sakti bukan sekadar menghafal tetapi mengilhami Tri Sakti Bung Karno secara utuh,” ujar mantan Wakil Ketua DPC PDIP Wonogiri ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya