SOLOPOS.COM - Bupati Bojonegoro Suyoto. (Twitter @KangYotoBjn)

Bupati Bojonegoro Suyoto mengajak warganya mengatasi kemiskinan.

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Bupati Bojonegoro Suyoto meminta warga di daerahnya berinisiatif menciptakan lapangan pekerjaan di berbagai bidang usaha di luar bidang pertanian sebagai usaha mengatasi kemiskinan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita semua paham bahwa hidup di Bojonegoro jauh lebih mudah menjadi miskin daripada menjadi orang mampu,” kata dia dalam sambutan Salat Idul Fitri di Masjid Al Furqon di Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Minggu (25/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam sambutan dengan judul Bersatu Melangkah Maju, Suyoto menyampaikan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa salah satu kategori orang miskin kalau lahannya kurang dari 0,50 hektare.

Padahal, menurut dia, sekitar 90 persen petani di daerahnya kepemilikan lahannya kurang dari 0,50 hektare.”Seorang yang mengaku petani namun lahannya kurang dari setengah hektare maka orang tersebut termasuk kategori orang miskin,” ujar dia.

Oleh karena itu, kata dia, harus ada usaha di luar bidang pertanian yang dapat membuat setiap keluarga mendapatkan pendapatan.

“Kita semua menghargai terhadap mereka yang berani membuka usaha mandiri, merintis perdagangan antardaerah, membuka kawasan wisata, membuka industri, bahkan membuka usaha melalui jaringan internet,” kata dia.

Ia menambahkan pemkab memberikan suntikan modal Rp210 milair kepada BPR milik pemkab untuk mendukung perkembangan ekonomi rakyat. “Pertanian harus terus tumbuh namun sekali lagi harus kita sadari bahwa hal itu belum cukup mengangkat derajat hidup seluruh rakyat,” katanya menegaskan.

Camat Sugihwaras, Bojonegoro Sony Sumarsono, menjelaskan dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Al Furqon, pengisi khutbah yaitu H. Lutfi Mutta’ali (dosen UGM) dan Imam Shalat K.H. M. Tauifik Munir.

“Ada sekitar 1.000 warga yang mengikuti Salat Idulfitri di Masjid Al Furqon,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya