SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo beserta Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) melakukan pengecekan harga di pasar, Rabu (6/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukoharjo melakukan operasi pasar atau sidak pasar untuk mengecek harga bahan pokok di Pasar Bekonang dan Pasar Kartasura, Rabu (6/7/2022).

Pengecekan berkaitan dengan kenaikan harga bahan pokok jelang Iduladha. Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan harga bawang merah dan cabai terpantau tinggi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami melakukan pengecekan ke pasar, saat ini, naik sampai signifikan itu bawang merah, [harganya] sampai Rp70.000/kilogram. Kalau cabai rawit sampai Rp90.000/kilogram,” katanya saat ditemui dalam kunjungannya di Pasar Bekonang, Rabu.

Sementara itu, dalam sidak pasar diketahui  harga cabai besar berkisar Rp70.000/kilogram, bawang putih masih terpantau normal sekitar Rp24.000/kilogram. Minyak goreng sudah mulai stabil sekitar Rp15.000/liter.

Harga telur masih stabil yakni sebesar Rp26.000 per kilogram. Adanya PMK menurut Bupati Etik juga tidak mempengaruhi harga, saat ini harga daging masih berkisar Rp120.000/kilogram.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Meroket, Pemkab Sukoharjo: Kami Tak Bisa Intervensi

Etik menyebut kebutuhan stok di pasar saat ini terpantau cukup dan tidak mengalami kelangkaan, hanya para pedagang memilih tidak menimbun banyak stok.  Selain mahal, juga karena takut busuk. Di lain sisi daya beli masyarakat menurutnya juga semakin menurun, mengingat harga kebutuhan kian tinggi.

“Daya beli masyarakat masih ada, meskipun jumlahnya sekarang berkurang. Misalkan dulu membeli sekilo sekarang paling satu atau dua ons saja,” jelasnya yang juga sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah.

Sementara itu, Camat Mojolaban, Joko Windarto mengatakaan saat ini stok bahan baku di wilayahnya masih terpantau aman.

“Kunjungan [sidak pasar] ini untuk mengecek stabilitas harga yang ada di Pasar Bekonang. Alhamdulilah masih bisa kondusif, harga masih terkendali, stok juga masih aman. Sudah ada koordinasi dengan dinas perdagangan koperasi dan Pak Lurah Pasar,” jelasnya yang juga turut ikut dalam kegiatan.

Dia menyebut menjelang Iduladha diharapkan tidak ada gejolak atau permasalahan apa pun terkait dengan pengadaan barang yang ada di pasar.

Baca juga: Harga Komoditas Pangan di Sukoharjo Stabil dan Cenderung Turun

“Kami berharap masyarakat tidak perlu merasa panik, terkait isu-isu atau apapun yang beredar di luar. Kami selaku pemerintah kecamatan selalu berkoordinasi dengan [organisasi perangkat daerah] OPD terkait di Kabupaten soal stabilitas harga,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya