Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.

 Ilustrasi kartu vaksin. (Detik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu vaksin. (Detik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menegaskan penggunaan kartu vaksin Covid-19 saat ini tidak jauh berbeda dengan kartu tanda penduduk (KTP). Akses setiap kegiatan maupun memasuki tempat pelayanan publik di Sukoharjo wajib menunjukkan kartu vaksin.

Bupati menyampaikan hal tersebut ketika ditemui wartawan seusai menyerahkan paket bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Lobby Kantor Bupati Sukoharjo, Senin (25/10/2021). Etik mengatakan saat ini kendala di lapangan dalam program percepatan vaksinasi adalah mencari target sasaran vaksin.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi. “Kami selalu berkoordinasi dengan kepala daerah aglomerasi terkait sasaran vaksin. Kendalanya sama, mencari target vaksinasi yang susah. Makanya untuk masyarakat yang belum divaksin, ayo mau dan sadar untuk vaksin,” jelasnya.

Baca Juga: Tingkat Kunjungan Bioskop di Solo Baru Sukoharjo Berangsur Pulih

Imbauan tersebut selain untuk mencapai target vaksinasi juga lantaran seluruh akses dalam setiap kegiatan maupun tempat pelayanan publik Sukoharjo mewajibkan masyarakat menunjukan kartu vaksin. Dengan demikian agar masyarakat bisa beraktivitas dengan tenang mesti mengikuti program vaksinasi.

“Kartu vaksin itu sudah seperti KTP fungsinya saat ini. Ke mana pun harus dibawa. Soalnya kartu vaksin sangat dibutuhkan setiap ke mal, pelayanan publik, bahkan pusat kuliner di depan Rumah Dinas Bupati Sukoharjo juga mewajibkan untuk menunjukan kartu vaksin juga. Jadi sangat penting untuk memiliki kartu vaksin,” bebernya.

Baca Juga: Duh! 2 Desa di Sukoharjo Masih Krisis Air Bersih Meski Sudah Hujan

Tak hanya akses ruang publik, aturan tamu hajatan juga wajib menunjukkan kartu vaksin. Apabila diketahui ada tamu hajatan yang belum divaksin, Puskesmas setempat akan mendatangi lokasi untuk memvaksin tamu di lokasi hajatan.

“Seperti yang sudah terjadi kemarin, ada hajatan tamunya belum divaksin. Tim dari Puskesmas datang untuk memvaksin mereka. Kami akan jemput bola dengan menyisir dan mendatangi RT dan RW untuk mencari target sasaran vaksin yang belum divaksin,” ucapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Dikenal Teknik Putaran Miring, Melikan Bangun Wisata Edukasi Gerabah

Desa Melikan mengembangkan potensi gerabah dengan membikin wisata edukasi.

Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Dari seluruh potensi bencana alam yang ada, seluruh wilayah Sukoharjo perlu mewaspadai risiko terjadinya angin kencang yang berpotensi merusak.

Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

Banjir yang menerjang Sragen pada Selasa (18/1/2022) berdampak pada kegiatan belajar mengajar di SDN 4 Ngrampal. Sebagian siswa SD tersebut harus belajar dari rumah karena sekolah kebanjiran.

Harga Minyak Goreng di Klaten Masih Rp21.000 per Liter, Pedagang Pusing

Harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional masih berada pada kisaran Rp19.500-Rp21.000 per liter.

Retribusi Fasilitas Manahan & Sriwedari Solo Naik, Termasuk Kamar Mandi

Tarif retribusi penggunaan fasilitas rekreasi dan olahraga termasuk Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari Solo naik mulai awal tahun ini.

Puan Dijadwalkan Hadiri Peresmian Jembatan Gantung Girpasang

Selain ke Girpasang, rombongan Puan Maharani beserta sejumlah anggota DPR dijadwalkan mengunjungi wilayah Polanharjo, Klaten.

Masuk Kamar Tanpa Busana, Ayah Bejat Ini Tunggu Anak Tiri Selesai Mandi

Pelaku bersembunyi di kamar anak tirinya tanpa busana, menunggu korban selesai mandi. Untungnya aksi pencabulan itu gagal, pelaku ditangkap Polres Karanganyar.

Pasar Legi Solo Banjir, Pedagang: Ngarep Kios Banyune Gumrojog Lur!

Bangunan baru Pasar Legi Solo malah tergenang banjir sehari menjelang peresmian yang dijadwalkan pada Kamis (20/1/2022).

Binda Jateng Alokasikan 2.000 Dosis Vaksin untuk Anak-Anak Kartasura

Total vaksinasi anak se-Kartasura dari total 10.000 target anak sudah mencapai sekitar 70 persen per Selasa (18/1/2022).

Sering Tak Dilayani Istri, Pria Tasikmadu Berusaha Cabuli Anak Tiri

Seorang ayah asal Tasikmadu, Karanganyar, berupaya mencabuli anak tirinya yang baru selesai mandi. Beruntung aksi bejat pelaku gagal.

Kades Gondang Harap Pemkab Sragen Jadi Bangun Pasar Mbah Gajah

Kades Gondang berharap pernyataan Bupati Sragen yang ingin membangun Pasar Mbah Gajah bisa terealisasi untuk menghapus stigma negatif, yakni sebagai tempat mangkal PSK.

Patroli Pakai Helm Kopek, Polisi Klaten Beri Tilang 932 Pengendara

Saat melanggar peraturan lalu lintas, aksi ratusan pengendara kendaraan terekam helm dengan kamera portabel penindakan kendaraan bermotor (Kopek).

Kasus Perampokan Maut di Gudang Rokok Serengan Solo Segera Disidangkan

Polresta Solo telah melakukan pelimpahan tahap II kasus perampokan gudang rokok di Jl Brigjen Sudiarto, Joyotakan, Serengan, ke Kejari Solo.

Belum Diresmikan, Bangunan Baru Pasar Legi Solo Malah Kebanjiran

Bangunan baru Pasar Legi Solo yang baru mulai ditempati pedagang dan belum diresmikan kebanjiran saat hujan deras pada Rabu (19/1/2022) siang.

Di Tangan Ibu RT Asal Palur Ini, Minyak Jelantah Bisa Jadi Cuan

Seorang ibu rumah tangga asal Palur, Karanganyar membuka usaha penampungan minyak jelantah yang bisa ditukarkan dengan uang. Siapa saja bisa menukarkan minyak jelantah mereka di sini.