Bupati Sri Mulyani Jadi Orang Pertama di Klaten yang Divaksin Covid-19
Calon Bupati Klaten Sri Mulyani

Solopos.com, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani, bakal menjadi orang pertama yang akan divaksin Covid-19. Sejauh ini, Pemkab Klaten masih menunggu informasi datangnya vaksin dari Pemprov Jateng.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan guna menyambut datangnya vaksin, dalam waktu dekat. Hal itu seperti, menyiapkan lokasi dan beberapa fasilitas penyimpanan vaksin.

Soloraya Diprediksi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini, Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

"Terkait vaksin, kami sudah sediakan tempatnya di Klaten Utara. Lokasi penyimpanan disesuaikan dengan standar penyimpanan obat," kata Ronny Roekmito, saat ditemui wartawan di Balerante, Kecamatan Kemalang, Selasa (19/1/2021).

Disinggung tentang siapa orang Klaten pertama yang akan divaksin Covid-19, Ronny Roekmito mengatakan Bupati Klaten dijadwalkan bakal divaksin perdana saat vaksinasi Covid-19 tiba di Klaten. Hal itu dilakukan guna memberikan keyakinan ke masyarakat bahwa vaksinasi menjadi salah satu upaya mencegah virus corona.

"Bupati yang paling pertama divaksin meski bupati bukan nakes. Ini pun juga dilakukan Presiden RI, Joko Widodo [di level nasional] dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo [di level Jateng]. Padahal presiden dan gubernur itu bukan tenaga kesehatan (nakes). Terlepas dari hal itu, vaksinasi tahap awal nanti diprioritaskan ke nakes di Klaten," katanya.

Siapkan Sarpras

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan sebanyak 6.700-an nakes di Klaten masuk dalam daftar waiting list untuk divaksin Covid-19 di tahap I, dalam waktu dekat. Dinkes Klaten telah mendata sekaligus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana (sarpras) guna mendukung program vaksin Covid-19 di Kabupaten Bersinar.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Klaten masih menunggu informasi dari Provinsi Jateng. Tapi, kami sudah menyiapkan segalanya. Termasuk lokasi penyimpanan vaksin, metode membawa vaksin, termasuk berkoordinasi dengan aparat keamanan saat mengangkut vaksin. Di tahap I, prioritas vaksin Covid-19 adalah para nakes, baik di Puskesmas, rumah sakit (RS), klinik, laboratorium, ruang praktik, dan lainnya. Jumlahnya mencapai 6.700-an orang. Seluruhnya para nakes dan memang sudah bersedia divaksin," katanya.

3.103 Calon Mahasiswa Baru Mendaftar di UMS, Prodi Kedokteran dan Psikologi Jadi Favorit

Cahyono Widodo yang juga menduduki Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, mengatakan jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten terus bertambah. Hingga Selasa (19/1/2021), jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar telah mencapai 3.938 kasus.

Sebanyak 442 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 3.289 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 207 orang meninggal dunia. "Kami mengimbau ke masyarakat untuk disiplin menaati protokol kesehatan," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom