Bupati Sragen Jengkel Dengar Kabar Perekrutan Pegawai RSUD Disusupi Makelar

Bupati Sragen Jengkel Dengar Kabar Perekrutan Pegawai RSUD Disusupi Makelar

SOLOPOS.COM - Suasana RSUD Soehadi Prijonegoro Sragen, Minggu (25/6/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Bupati Sragen berang mendengar kabar ada makelar yang bermain dalam perekrutan pegawai RSUD.

Solopos.com, SRAGEN -- Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengaku mendapat informasi adanya makelar yang bermain dalam perekrutan pegawai Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Hal itu membuatnya gusar.

Para makelar itu menjanjikan dapat meloloskan para pelamar menjadi pegawai BLUD tersebut dalam seleksi yang sedang berlangsung. Tentu saja para makelar itu meminta imbalan uang atas jasa yang mereka janjikan.

Modus para makelar itu dengan meminta uang down payment (DP) dengan jumlah tertentu. Bila pengguna jasa lolos menjadi pegawai BLUD mereka harus membayar kekurangan biayanya sesuai kesepakatan.

"Saya imbau agar tak percaya kepada broker atau siapa pun yang mengatakan bisa memasukkan menjadi pegawai BLUD dengan biaya tertentu. Karena sudah ada indikasi yang seperti itu," tutur dia, Rabu (31/1/2018) siang.

Yuni, panggilan akrabnya, menjelaskan para broker atau makelar tersebut mengaku-ngaku sebagai orang dekat Bupati, Wakil Bupati (Wabup) dan Sekda, agar mendapat kepercayaan dari para calon pelamar. "Sudah ada yang mengaku [memakai jasa makelar] lewat jalur seseorang dengan DP sekian, jalur lainnya DP sekian. Saya yakinkan itu [makelar] tak benar. Bila Direktur RSUD macam-macam, saya sikat," ancam dia.

Ditanya uang jasa yang diminta makelar, Yuni mengaku tidak tahu. Dia mengajak semua komponen masyarakat, termasuk awak media, ikut mengawasi proses perekrutan pegawai BLUD RSUD Sragen. "Bila ada info segera laporkan saya," pinta dia.

Menurut Yuni, perekrutan pegawai BLUD RSUD dr. Soehadi Prijonegoro merupakan kebutuhan untuk memenuhi jumlah ideal pegawai rumah sakit pelat merah itu. Tujuan akhir dari jumlah sumber daya manusia (SDM) yang ideal yaitu peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Lowongan yang dibuka mulai dari perawat medis, dokter spesialis, tenaga administrasi, dan ahli gizi. Tapi Yuni mengaku tidak ingat berapa jumlah formasi yang dibuka kali ini.

"Jumlah pelamar hampir mencapai 3.500 orang. Tidak hanya dari Sragen tapi juga dari luar Jawa seperti Kalimantan. Peminatnya luar biasa," ujar dia.

Yuni menguraikan proses pendaftaran lowongan BLUD sudah ditutup pada 28 Januari 2018. Saat ini sedang tahap verifikasi administrasi. Setelah itu dilanjutkan tahap pengumuman seleksi administrasi Kamis (1/2/2018).

Informasi yang diperoleh Solopos.com, ada sekitar 139 lowongan yang dibuka dalam perekrutan pegawai BLUD RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kali ini. Setelah seleksi administrasi disusul serangkaian tes.

Ketua Forum Masyarakat Sragen (Formas), Andang Basuki, menilai proses perekrutan pegawai, apalagi yang dilakukan pemerintah daerah, sangat rentan terhadap permainan sekelompok orang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hari Pertama Larangan Mudik, Jumlah Pengguna Jalan di Sragen Landai

Lalu lintas di Sragen pada Kamis (6/5/2021) cukup landai. Kepadatan lalu lintas di Sragen justru lebih terasa sebelum larangan mudik berlaku yakni pada Rabu (5/5/2021).

Kronologi Warga Sragen Gagal Selundupkan 78 Ekor Anjing dari Garut ke Solo

Penyelundupan 78 ekor anjing ke Solo dari Garut yang dilakukan warga Jakarta dan Sragen digagalkan aparat Polres Kulonprogo.

Kromoleo, Sosok Rombongan Hantu Pembawa Keranda

Dikenal sebagai hantu yang berwujud sebagai pengantar jenazah dan hantu ini sangat populer di kalangan masyarakat desa-desa di kawasan kaki Gunung Merapi.

4 Tahun Berlalu, Begini Nasib Proyek Jembatan Kaca Kemuning Karanganyar Senilai Rp55 Miliar

Pangdam IV/Diponegoro meninjau lokasi kebun teh di Kemuning memunculkan kembali pembahasan tentang proyek jembatan kaca Karanganyar.

Kedapatan Tarik Parkir Motor Rp3.000, Jukir Eses Distro Solo Baru Akui Salah Dan Minta Maaf

Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo gerak cepat menindak juru parkir (jukir) di pusat pertokoan Eses Distro Solo Baru yang menarik tarif parkir secara ugal-ugalan.

Melihat Dari Dekat Calon Kawasan Industri Terbesar di Jateng

Calon kawasan industri terbesar di Jateng yang berada d Batang ini juga punya area leisure dan edukasi yang bakal berada di kluster 3.

Biskuit Kokola Sajian Tepat Saat Berlebaran di Masa Pandemi

Biskuit Kokola Halal pas untuk keluarga saat momen Lebaran dan juga baik untuk imun.

Mobil Listrik KIA EV6 Langsung Jadi Rebutan di Inggris

Mobil listrik KIA yakni EV6 resmi mendarat di Inggris dan mobil listrik terbaru produsen otomotif Korea Selatan ini langsung diserbu konsumen.

Ngeri! 2 Ular Kobra Ditemukan di Rumah Warga Klaten, Sembunyi di Genting

Dua ular kobra ditemukan di rumah warga di Desa Tlogorandu, Kecamatan Juwiring, Klaten. Pemilik rumah sampai menjebol tembok untuk menangkap ular tersebut.

Bebas PPnBM, Penjualan Mobil di Malang Raya Naik 90 persen

Pemberlakuan bebas PPnBM pada mobil tertentu berdampak pada peningkatan penjualan mobil di Malang Raya mencapai 90 persen.

PT Delta Merlin Sragen Hanya Mampu Bayar THR 70% Gaji Dicicil, Mediasi Deadlock

Mediasi antara PT Delta Merlin Sandang Tekstil Sragen dengan karyawan terkait pembayaran THR Lebaran berakhir deadlock.

Warga Sragen Gagal Selundupkan 78 Ekor Anjing ke Solo

Aksi dua warga Sragen yang hendak melakukan penyelundupan anjing ke Kota Solo, digagalkan aparat Polres Kulon Progo.