SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (Dok SOLOPOS)

Gunung Merapi (Dok SOLOPOS)

Sleman (Solopos.com)–Penanganan pascabencana erupsi Gunung Merapi menjadi fokus utama pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Fokus utama saat ini adalah penanganan pascabencana erupsi Gunung Merapi, dan untuk itu kami mengharapkan peran semua pihak dalam membangun kembali kawasan Merapi yang luluh lantak akibat bencana itu,” kata Bupati Sleman, Sri Purnomo di Sleman, Senin (16/5/2011).

Menurut dia, penanganan pascabencana Merapi meliputi penataan wilayah yang masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) III yang merupakan kawasan paling berbahaya, sampai penanganan dan antisipasi bencana sekunder seperti banjir lahar dingin.

“Selain itu, juga dampak lainnya seperti sektor pertanian yang terganggu akibat lahan terkena material Merapi maupun akibat rusaknya infrastruktur, di antaranya saluran irigasi dan bendungan air,” jelas Purnomo.

Purnomo mengemukakan saat ini sektor layanan publik sudah mulai dibangun, dan akan dipercepat. “Untuk itu, kami meminta kepada aparat Pemerintah Kabupaten Sleman agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” imbuhnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan relokasi warga korban erupsi Gunung Merapi masih menunggu rapat bersama dengan Wakil Presiden Boediono.

“Setelah ada keputusan dari rapat tersebut, akan dilakukan komunikasi dengan warga yang berada di KRB III Merapi,” tambahnya.

Sultan menuturkan hasil kerja tim teknis yang merupakan gabungan dari Pemerintah Provinsi DIY dan Pemerintah Kabupaten Sleman telah dikirim ke pusat.

“Hasil kerja tim teknis sudah dikirim, sekarang tinggal menunggu koordinasi dengan Wapres,” ucapnya.

(Antara/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya