SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni melihat penancapan tiang pancang di lahan Pasar Legi Ponorogo, Senin (24/2/2/020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, PONOROGO — Pembangunan Pasar Legi Ponorogo berjalan sesuai rencana. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, yakin pembangunan pasar yang akan jadi pusat perekonomian dan destinasi wisata belanja ini akan rampung sesuai target.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi proyek pembangunan Pasar Legi, Kamis (5/3/2020), sejumlah pekerja terlihat masih menyelesaikan penancapan tiang pancang. Selain itu juga terlihat hilir mudik truk yang membawa tanah uruk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pembangunan Pasar Legi masih terus berjalan. Optimistis bisa selesai tepat waktu,” kata Ipong saat ditemui di acara Tilik Desa di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kamis.

Ekspedisi Mudik 2024

Pedagang Pasar Legi Ponorogo Mengeluh Pasar Sementara Banjir dan Talangnya Bocor

Dia menuturkan proyek pembangunan Pasar Legi ini dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah pusat dengan anggaran mencapai Rp165 miliar. Pembangunan Pasar Legi ini ditarget bisa rampung dikerjakan pada Desember 2020.

Bentuk bangunan Pasar Legi Ponorogo yang akan dibangun. (Facebook/@SemuaTentangPonorogo)

Konsep bangunan gedung pasar kebanggaan masyarakat Ponorogo ini akan berbeda dari bangunan lama. Hal ini karena pasar akan dibangun dengan konsep modern dan ramah lingkungan. Pasar Legi ini akan dibangun empat lantai, dengan tiga lantai di antaranya khusus tempat parkir.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Darjat Widjunarso, mengatakan bangunan Pasar Legi ini luasnya 32.170 meter persegi untuk empat lantai. Konsep hijau atau ramah lingkungan ini akan sangat menonjol dari bangunan pasar.

Warganet Sambut Positif Pembangunan Pasar Legi Ponorogo

Menurutnya, dengan konsep hijau ini akan mengurangi sebanyak mungkin kebutuhan listrik di kios-kios pedagang. Sebagian besar dinding pasar akan terbuat dari kaca sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam. Selain itu, ventilasi udara juga akan lebih banyak yang membuat sirkulasi udara di dalam pasar bisa lebih baik.

Seperti halnya Bupati Ipong, Darjat juga optimistis Pasar Legi ini bisa rampung sesuai target. Pelaksana proyek juga siap lembur untuk mengejar target tersebut. “Untuk tahap awal ini, ada pemasangan 1.300 tiang pancang. Ini kira-kira rampung pada Mei,” ujar dia. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya