Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Ganjar Instruksikan Ini ke Pemkab

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta Wakil Bupati Pemalang mengambil alih pemerintahan pasca-kabar Bupati Pemalang, MAW, ditangkap KPK atas dugaan kasus korupsi.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke Kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke Kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PEMALANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menginstruksikan Wakil Bupati Pemalang, Mansyur Hidayat, untuk segera mengambil alih pemerintahan menyusul kabar Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo (MAW), yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Kamis (11/8/2022) malam.

“Karena kemarin sudah ada berita dan kawan-kawan sudah memuat, maka saya hari ini langsung komunikasi dengan kawan-kawan di Pemkab dan Wakil Bupati agar segera mengambil alih pemerintahan. Supaya layanan masyarakat tetap berjalan dengan baik,” ujar Ganjar seusai berkoordinasi dengan Wakil Bupati Malang di Graha Sasana Bakti Praja, Kantor Bupati Pemalang, Jumat (12/8/2022).

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Ganjar juga berpesan kepada Wakil Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Pemalang untuk tidak mengulangi kesalahan Bupati Pemalang yang ditangkap KPK karena diduga terlibat kasus korupsi. Pejabat pemerintah diminta untuk segera menghentikan prakti yang merugikan masyarakat seperti korupsi kolusi nepotisme (KKN), pungutan liar (pungli), atur-mengatur proyek, jual beli jabatan, atau apa pun sejenisnya

“Hentikan praktik buruk dan busuk. Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahkan KPK sendiri pun sudah berkali-kali menyampaikan kepada kita tapi masih ngenyel. Saya berharap betul jangan khianati rakyat,” tegasnya.

Menurut Ganjar, pakta integritas itu tidak hanya sekadar ditandangani saja tetapi betul-betul harus dijalankan. Bukan hanya sekadar fisiknya saja yang terlihat tetapi juga didengarkan betul dan dilihat dengan mata hati serta diinternalisasikan.

Baca juga: Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT KPK, Ganjar: Saya Sudah Ingatkan

Ganjar menambahkan peristiwa Bupati Pemalang ditangkap KPK menjadi momentum bagi Pemkab Pemalang untuk melakukan perbaikan. Oleh karenan, ia pun meminta para pejabat Pemkab Pemalang segera mengondisikan dan menata pemerintahan.Ganjar bersama Inspektorat Provinsi Jawa Tengah juga akan mendampingi penataan jalannya pemerintahan.

“Segera dikonsolidasikan, ditata betul hari ini, Ini momentum yang paling bagus untuk memperbaiki itu. Semoga hari ini segara diadakan rapat. Suara ini sebenarnya sudah terdengar agak lama maka KPK pada saat Korsupgah mengingatkan kepada kita semua, kalau masih ngeyel pasti akan ditindak,” jelas Ganjar.

Sekadar informasi, Bupati Pemalang, MAW, dikabarkan telah ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Kamis malam. Kendati demikian, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari KPK terkait kasus korupsi yang menjerat Bupati Pemalang itu hingga ditangkap KPK.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      Berita Terkini

      Seru! Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus

      Ratusan joki kuda mengikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton, Kabupaten Semarang.

      Korban Meninggal dalam Kecelakaan Tol Semarang-Solo Bertambah, Total 6 Orang

      Korban meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 436+400 kini bertambah menjadi enam orang.

      Polisi Periksa 7 Pengemudi Mobil dalam Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan-Pemalang

      Puluhan orang saksi diperiksa polisi terkait kasus kecelakaan lalu lintas beruntun di Tol Pejagan-Pemalang.

      Asyik, Semarang Sediakan 250 Sepeda Motor Listrik untuk Wisatawan

      Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang menyediakan 250 unit sepeda motor listrik untuk kebutuhan wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang.

      Mobil Tabrak Pohon di Depan Kodam Diponegoro, 1 Nyawa Melayang

      Kecelakaan tunggal mobil tabrak pohon terjadi di depan Markas Kodam IV Diponegoro dan menyebabkan satu orang meninggal dunia.

      Pendukung Anies Baswedan Capres 2024 Gelar Deklarasi di Semarang

      Sukarelawan pendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 menggelar deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Alpokat Kalibening, Varietas Ambarawa yang Pernah Dipamerkan di Istana Negara

      Alpokat Kalibening atau Alpokat Pangeran yang pernah dipamerkan di Istana Negara meramaikan Gelar Buah Nusantara 2022 di Gunungpati, Kota Semarang.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang-Solo, Polisi: Sopir Alami Microsleep

      Kapolres Semarang, AKB Yovan Fatika, menyebut sopir minibus mengalami microsleep hingga menyebabkan kecelakaan maut di Tol Semarang-Solo, Sabtu (24/9/2022).

      Diduga Tenggelam, Nelayan Cilacap Tiba-Tiba Hilang saat Cari Benur

      Seorang nelayan di Cilacap diduga tenggelam di perairan laut wilayah Karangkandri saat mencari benur.

      Kronologi Truk Bermuatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di JLS Salatiga

      Berikut kronologi kecelakaan maut truk bermuatan kelapa yang menerjang sepeda motor di JLS Salatiga, Sabtu (24/9/2022).

      Semarang & Kendal Diguyur Hujan Es, BMKG: Dipicu Awan Kumulonimbus

      Berikut penjelasan BMKG terkait fenomena hujan es yang melanda wilayah Kendal dan Kota Semarang pada Jumat (23/9/2022) malam.

      Minibus Tabrak Truk di Tol Semarang-Solo, Ini Daftar Korban Meninggal

      Kecelakaan maut melibatkan minibus Elf dengan truk di Tol Semarang-Solo menyebabkan lima orang meninggal dunia.

      Truk Muatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di Salatiga, Tiga Orang Meninggal

      Kecelakaan terjadi di jalan lingkar Salatiga (JLS) saat sebuah truk berpelat nomor K-8639-Y bermuatan kelapa diduga mengalami gagal fungsi rem saat turun dari arah Magelang.

      Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo, 5 Nyawa Melayang

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo: Minibus Sundul Truk, 5 Meninggal

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.