SOLOPOS.COM - Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, panen raya di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Taman/pemalangkab.go.id

Solopos.com, PEMALANG -- Bupati Pemalang dan jajaran Forkopimda menggelar panen raya  di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Taman, Selasa, (30/3/2021). Panen raya mengusung tema meningkatkan produksi pangan guna mewujudkan kemandirian pangan nasional.

Mengutip laman pemalangkab.go.id, Rabu (31/3/2021), Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, mengingatkan Kabupaten Pemalang sebagai salah satu daerah penyangga pangan di Jawa Tengah khususnya komuditas beras. Pemalang punya  luas baku sawah yaitu 36.934 hektare merupakan tumpuan dalam menjaga ketersediaan dan cadangan pangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabupaten Pemalang bahkan berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah.  Selain beras Kabupaten Pemalang juga memiliki pangan lainya seperti tanaman bawang merah, cabai besar, nanas, mangga, durian dan pada komuditas perkebunan utama yaitu cengkeh, tebu, teh, kopi arabika, robusta.

Baca Juga : Kue Khamir, “Dorayaki” Kenyal Kudapan Khas Kabupaten Pemalang

Dalam sambutanya, Bupati Pemalang atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang mengapresiasi kepada Dinas Pertanian dan jajarannya yang sudah mendukung dalam penyelenggaraan panen raya.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap upaya ketahanan pangan nadional di sektor pertanian khususnya di Kabupaten Pemalang. Bupati juga menyampaikan di era pandemi Covid-19 banyak mengganggu sektor yang menyokong ketahanan pangan.

“Salah satunya sektor pertanian, pemerintah berupaya dalam mendukung dibidang pertanian berupa vasilitasi bantuan benih, pupuk, pestisida sampai saluran irigasi,” papar Bupati.

Baca Juga : Penggarit Orchids Pemalang Hadirkan Agrowisata Berkonsep Budaya

Peranan pendampingan dari penyuluhan pertanian lapangan sangat penting untuk menjaga hasil produksi pertanian. ”Dari sinilah Pemkab mulai pembinaan dan bimbingan petani agar dapat menentukan hasil produksi pertanian di masa mendatang”, ujarnya.

Bupati berharap dalam agenda ini semuanya bersama–sama untuk memotivasi petani agar semakin semangat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian di Kabupaten Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya