Tutup Iklan
Bupati Madiun Sembelih Sendiri Sapi Kurban Seberat 1 Ton
Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyembelih seekor sapi yang dikurbankan pada saat perayaan Iduladha di halaman pusat pemerintahan Pemkab Madiun di Caruban, Jumat (31/7/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)  

Solopos.com, MADIUN -- Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyembelih sendiri seekor sapi kurban pada saat Iduladha, Jumat (31/7/2020) pagi.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di halaman pusat pemerintahan Kabupaten Madiun di Caruban.

Saat menyembelih sapi kurbannya yang memiliki berat sekitar 1 ton itu, bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu telah menyiapkan golok khusus.

Ini Rahasia Warga Desa Pengkok Sragen Mampu Sembelih Ratusan Hewan Kurban dalam 3,5 Jam

Sebelum menyembelih sapi tersebut Kaji Mbing merapal doa. Tidak lebih dari sepuluh detik, urat sapi kurban dari Bupati Madiun tersebut pun langsung terputus.

“Tidak ada kesulitan [saat menyembelih sapi]. Karena sebelum menjadi bupati, saya sudah biasa mneyembelih hewan. Yang penting kerja sama,” kata dia seusai menyembelih sapi kurban.

Kaji Mbing sengaja menyembelih sendiri hewan kurbannya karena itu merupakan hal yang disunahkan. Pada Iduladha tahun ini, Pemkab Madiun menyembelih sebelas ekor sapi dan 37 ekor kambing.

1 Orang Kena Seruduk Saat Evakuasi Sapi Kurban Panik di Kali Jenes Sangkrah Solo

Daging kurban tersebut akan diberikan kepada masyarakat Kabupaten Madiun yang membutuhkan dan masuk dalam mustahik.

Pendistribusian daging kurban pun dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga. Sehingga tidak ada warga yang mengantre dan berdesak-desakan di kantor Pemkab Madiun.

“Distribusinya melalui kecamatan. Nanti pihak camat akan membagikannya ke desa-desa. Jadi ini untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

2 Warga Sragen Positif Covid-19 Sepulang Dari Karanganyar dan Surabaya

Selain itu, puluhan kambing kurban juga dikirimkan ke berbagai desa untuk disembelih secara mandiri oleh warga. Pada Iduladha ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga menyerahkan dua ekor sapi untuk kurban.

“Gubernur mengirimkan dua ekor sapi di Madiun. Satu ekor disembelih di Pondok Pesantren Mekar Agung dan satu ekor di Masjid Quba,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho