SOLOPOS.COM - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana 2020 kepada Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu (29/8/2020). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Bupati Klaten, Sri Mulyani, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2020 yang diserahkan pada peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Klaten, Sabtu (29/8/2020).

Penghargaan diberikan lantaran sebagai kepala daerah, Sri Mulyani dinilai punya komitmen dalam pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana lewat Program Bangga Kencana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyematan dan penyerahan penghargaan dilakukan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. Hasto hadir pada Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tingkat Kabupaten Klaten di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu.

Mancing Gratis Hingga Potong Rambut Anti-Covid-19, Pendukung Gibran Cawali Solo Ramai-Ramai Gelar Aksi

“BKKBN menganugerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai berhasil telah menunjukkan komitmen. Juga dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah kabupaten” ungkap Hasto berdasarkan rilis dari Diskominfo Klaten, Minggu (30/8/2020).

Hasto mengapresiasi pembangunan keluarga di Klaten sehingga memberikan penghargaan kepada Bupati Sri Mulyani. Apresiasi itu salah satunya kepada kampung KB yang berkembang dengan baik di Klaten.

Hasto menyebutkan ada beberapa indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Salah satunya angka kelahiran total atau total fertility rate (TFR).

Seribuan Orang Dari 78 Elemen Masyarakat Solo Ramaikan Aksi Di Bundaran Gladak, Ini Seruannya

“Klaten ini termasuk bagus dalam program KB, termasuk TFR-nya sudah 2,1. Ini yang saya katakan termasuk bagus. Ini sudah keren, tinggal mempertahankan saja. Tinggal meningkatkan kualitasnya dan jangan putus,” kata dia.

Perencanaan Keluarga

Bupati Klaten, Sri Mulyani, seusai menerima penghargaan menyebutkan perencanaan keluarga melalui pemanfaatan kontrasepsi merupakan gerakan global. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan perempuan.

Selain untuk mengendalikan angka kelahiran, penggunaan kontrasepsi sekaligus untuk memperkuat hak-hak perempuan dalam mempersiapkan waktu kehamilannya dan untuk menjaga kesehatannya.

Duh! Bukannya Membasmi, Kebiasaan Petani Sukoharjo Ini Justru Bikin Wereng Makin Agresif

Dengan merencanakan jarak kehamilan yang baik, perempuan dapat lebih memberdayakan diri baik dalam segi pendidikan maupun sosial.

“Tentunya penghargaan ini menjadi penyemangat untuk semua, supaya angka kepadatan penduduk di Klaten semakin bisa dikendalikan,” ungkap Sri Mulyani.

Pilkada Solo 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19, Beringin Center Lakukan Ini Untuk Tekan Angka Golput

Dengan penghargaan itu, Mulyani berharap masyarakat semakin sadar bahwa dua anak lebih sehat dan lebih baik, juga agar terbentuk keluarga yang berkualitas dan sejahtera.

Mulyani merupakan satu di antara empat kepala daerah di Jawa Tengah yang memperoleh tanda penghargaan tersebut. Beberapa kepala daerah lainnya antara lain Wali Kota Solo, Bupati Pekalongan, dan Bupati Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya