SOLOPOS.COM - 401 Sepeda motor Yamaha NMAX terparkir di halaman parkir kompleks Setda Klaten, Jumat (22/11/2019). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Bupati Klaten, Sri Mulyani dijadwalkan membagikan Yamaha NMax ke 391 kepala desa (Kades) dan 10 lurah di kompleks Setda Klaten, Selasa (26/11/2019) pagi.

Sehari sebelumnya, Sri Mulyani juga akan menyerahkan Suzuki Titan ke 391 sekretaris desa (sekdes) dan 10 sekretaris kelurahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang dihimpun , Pemkab Klaten telah menyediakan anggaran senilai Rp11,9 miliar guna membeli 401 Yamaha NMax dan 26 Honda Supra X 125.

Lantaran membeli dalam jumlah banyak, Pemkab Klaten memperoleh potongan harga senilai Rp1 juta per unit saat membeli 401 Yamaha NMax. Harga satu unit Yamaha NMax yang tercantum di e-katalog, senilai Rp28,5 juta. Setelah bernegosiasi dengan diler resmi Yamaha di Klaten dan Jogja, Pemkab Klaten hanya membayar Rp27,5 juta per unit.

Di samping membeli Yamaha NMax untuk kades dan lurah, Pemkab Klaten juga membeli 26 unit Honda Supra X 125. Sesuai e-katalog, harga Honda Supra X 125 senilai Rp19,5 juta. Pemkab Klaten mengganti uang senilai Rp18,2 juta per unit Honda Supra X 125.

Sesuai rencana, 26 Honda Supra X 125 itu dibagikan ke kepala seksi (Kasi) Keamanan dan Ketertiban (Trantib) di 26 kecamatan di Klaten.

“Pagu pembelian kendaraan dinas Yamaha NMax dan Honda Supra X 125 ini senilai Rp11,9 miliar,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Muh. Himawan Purnomo, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Jumat (22/11/2019).

Himawan mengatakan seluruh sekdes di Klaten diharapkan hadir ke kompleks Setda Klaten, Senin (25/11/2019) pukul 08.00 WIB. Hal itu guna menerima lungsuran kendaraan dinas yang telah dipakai kades/lurah, yakni Suzuki Titan. Sehari berikutnya, giliran kades dan lurah di Klaten hadir ke kompleks Setda Klaten guna menerima Yamaha NMax sebagai kendaraan operasional.

“Acaranya sederhana. Bupati memberikan sambutan dan menyerahkan secara simbolis, baik hari Senin dan Selasa besok,” katanya. Acara itu termasuk pembagian Honda Supra X 125 ke kasi trantib di 26 kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Aset BPKD Klaten, Aris Pramana, menjelaskan kondisi kendaraan Suzuki Titan tahun pembuatan 2012 yang telah diserahkan para kades/lurah dalam kondisi laik jalan.

“Penerima kendaraan dinas yang baru nanti juga memperoleh helm dan jaket,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya