SOLOPOS.COM - Bupati Kebumen Arif Sugityanto melaunching program inovasi Layak Menikah Ijabah dan Balada Pak-Kis di di Hotel Mexolie, Kebumen, Kamis (16/9/2021). (Istimewa-Kominfo Pemkab Kebumen)

Solopos.com, KEBUMEN — Bupati Kebumen Arif Sugityanto secara resmi melaunching program inovasi baru untuk layanan masyarakat, berupa Layak Menikah Ijabah dan Balada Pak-KIS. Ini sebagai bentuk implementasi dari program Go Layanan Administrasi Kependudukan (Go-Lak),

Menurut Arif, dua program ini merupakan terobosan dari Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) dalam mengimplementasikan visi misi Bupati Kebumen. Yakni untuk mempermudah layanan administrasi masyarakat dengan sistem jemput bola, berbasis teknologi digital.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

“Program ini diluncurkan untuk memberikan layanan yang cepat, tepat, akurat, mudah dan aman kepada masyarakat. Yakni layanan yang inovatif berbasis teknologi informasi,” ujar Bupati di Hotel Mexolie, Kebumen, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Khawatir Varian Baru Virus Covid-19? Kuncinya di Vaksin dan Prokes!

Ekspedisi Mudik 2024

Program Layak Menikah Ijabah merupakan kolaborasi dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen dengan Disdukcapil sebagai ‘Kado Manten’. Karena dengan program ini, pengantin baru setelah ijab qabul tidak perlu repot ke Disdukcapil mengurus Kartu Keluarga, dan pergantian status di e-KTP.

“Dengan program ini pengantin baru tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor untuk mengurus Kartu Keluarga atau mengubah status pada e-KTP. Jadi setelah sah menikah, otomatis data kependudukan calon pengantin langsung berubah di Disdukcapil,” terang Bupati.

Adapun Balada Pak-Kis kata Bupati, merupakan inovasi lanjutan dari Layak Menikah Ijabah dan keluarga yang memiliki anak baru lahir. Inovasi ini bisa kita sebut “Kado Anak”, karena tujuannya yang memang memberikan pelayanan membahagiakan khususnya bagi orang tua dan bayi yang baru lahir.

Layanan itu berupa sudah tersedianya Paket Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Indonesia Sehat. Layanan ini merupakan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen.

“Sekali lagi pelayanan ini saya harapkan dapat mempercepat dan menghemat waktu dalam mengurus dokumen. Karena banyak manfaat atas pemenuhan dokumen kependudukan yang lahir atas program Balada Pak-Kis ini,” tutur Bupati.

Baca juga: Mengulik Keindahan Curug Gemawang Candirenggo, Mutiara Tersembunyi di Kebumen

Inovasi Pemkab Kebumen

Manfaat itu, lanjut Bupati, yakni untuk pemenuhan hak anak, keperluan yang membutuhkan bukti identitas anak. Meningkatkan kepemilikan akta kelahiran, mencegah terjadinya perdagangan anak, hingga akses ke bantuan pendidikan dan kesehatan.

“Tentu saja inovasi ini juga mendukung Kabupaten Kebumen sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak. Sekaligus untuk membangun database kependudukan yang valid dan up to date.

Bupati menambahkan, pemerintah Kabupaten Kebumen juga sudah mempunyai mobil layanan untuk pembuatan e-KTP dari Disdukcapil. Mobil ini merupakan upaya jemput bola pemerintah untuk menjangkau layanan pembuatan e-KTP untuk masyarakat yang jauh dari perkotaan.

Baca juga: Pelaku UMKM Banyumas Minta Pelonggaran Aturan PPKM

Dalam launcing program inovasi Layak Menikah Ijabah dan Balada Pak-KIS juga turut dihadiri oleh Plt. Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri, Akhmad Sudirman Tavipiyono. Juga Kepala Disdukcapil Kebumen Maskhemi, Kepala Kantor Kemenag Kebumen H. Panut, dan Kepala Dispermades Provinsi Jawa Tengah Sugeng Riyanto.

Dari pihak Kemendagri, Tavipiyono menyampaikan, bahwa Kebumen termasuk paling cepat merespons kebijakan pusat terkait digitalisasi layanan adiministrasi kependudukan. Ia melihat Kebumen sudah jauh lebih maju dari kabupaten-kabupaten lain.

“Saya liat sendiri perkembangan sangat cepat. Saya rasa apa yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kebumen bisa menjadi percontohan bagi kabupaten-kabupaten lain. Karena belum semua kabupaten memiliki digitalisasi layanan masyarakat yang memadai. Kebumen termasuk kabupaten yang cepat dalam melakukan inovasi sistem layanan publik,” tandasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya