SOLOPOS.COM - Umat Islam mengikuti Salat Subuh berjamaah di Masjid Batoro Katong, Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jumat (20/1/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Gerakan Salat Subuh Berjamaah yang digelar Pemkab Ponorogo diikuti seratusan orang.

Madiunpos.com, PONOROGO — Seratusan orang mengikuti Salat Subuh berjamaah bersama Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, di Masjid Agung Batoro Katong di Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jumat (20/1/2017) sekitar pukul 04.00 WIB. Gerakan Subuh Berjamaah di Masjid ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Madiunpos.com di lapangan, Jumat, seratusan orang dengan berbusana muslim dan bermukena berbondong-bondong mengikuti Salat Subuh yang diikuti Ipong itu. Setelah mengikuti Salat Subuh berjamaah, jemaah mendengarkan tausiah dari penceramah yang dihadirkan dalam kegiatan itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Ipong Muchlissoni mengatakan Gerakan Salat Subuh Berjamaah ini sudah berjalan tiga kali yaitu diawali di Masjid Agung Ponorogo, Masjid Ngunut, dan Masjid Batoro Katong. Gerakan Salat Subuh Berjamaah ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

Gerakan ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan dan religiusitas umat Islam di Ponorogo. Selain itu, gerakan ini juga dianggap baik untuk mengawali pagi hari. Setiap Jumat gerakan ini akan berpindah dari masjid ke masjid dan nantinya tidak hanya dilaksanakan hari Jumat.

“Kalau memang yang melakukan salat subuh berjamaah sudah banyak akan kita tingkatkan lagi, jadi tidak hanya sepekan sekali,” jelas dia.

Setelah melakukan Salat Subuh berjamaah, Ipong kemudian melakukan senam pagi bersama masyarakat di Alun-alun Ponorogo. Setelah itu ada program tilik desa .

“Jumat ini kami akan berkunjung ke wilayah Kecamatan Mlarak. Ada tiga desa yang dikunjungi. Karena waktunya memang terbatas,” kata Ipong.

Salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Setono, Sugeng Wiyono, mengapresiasi program Gerakan Salat Subuh Berjamaah tersebut. Gerakan ini dianggap menjadi kegiatan yang positif untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan umat Islam di Ponorogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya