SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani (kedua dari kanan) mengambil sumpah jabatan saat pelantikan Sekda Sukoharjo di Gedung Menara Wijaya, Sabtu (22/5/2021) malam.(Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO --Bupati Sukoharjo, Etik Suryani melantik Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sukoharjo, Widodo sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo. Etik meminta agar Widodo mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

Seremoni pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda Sukoharjo dilaksanakan di Gedung Menara Wijaya, Sabtu (22/5/2021) malam. Acara itu dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sukoharjo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Proses pengambilan sumpah jabatan Sekda Sukoharjo dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang disaksikan oleh para tamu undangan.

Baca Juga: Uji Coba PTM di Sukoharjo Dilanjut Pada Tahun Ajaran Baru 

Seleksi Terbuka

Sebelumnya, Pemkab Sukoharjo membuka seleksi terbuka jabatan Sekda yang dilakukan tim panitia seleksi (pansel) lelang jabatan pada April. "Pelantikan Sekda merupakan hal biasa dalam sistem manajemen pegawai negeri sipil (PNS). Saya minta agar Sekda membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan visi dan misi serta pengendalian Covid-19 baik aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi," kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Sabtu malam.

Penanganan dan pengendalian wabah Covid-19 menjadi skala prioritas yang harus segera dikerjakan. Tugas Sekda lainnya adalah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh instansi baik internal maupun eksternal untuk melaksanakan program kerja yang telah direncanakan secara matang.

Sekda harus bisa membaca dinamika yang berkembang di masyarakat dan mencari solusi terbaik demi pembangunan di Kabupaten Jamu. "Pak Widodo memiliki latarbelakang sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo. Tata kelola keuangan diharapkan lebih baik pada masa mendatang," ujar dia.

Baca Juga: PPDB SMA Sederajat Sukoharjo Ada 4 Jalur, Pendaftaran Secara Online

Tak lupa, Etik juga mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Sekda Sukoharjo, Budi Santoso yang telah menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam menjalankan roda pemerintahan selama enam bulan. Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia itu kali pertama dilantik sebagai Pj Sekda pada 7 Desember 2020.

Sekda Sukoharjo, Widodo, mengatakan segera melanjutkan capaian program kerja yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sukoharjo 2021-2026. Penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 menjadi prioritas utama selain percepatan pembangunan fisik dan nonfisik.

Widodo juga bakal intens berkomunikasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjalankan roda pemerintahan dan tata kelola keuangan daerah. Sebelumnya, Widodo sempat menjabat sebagai Pj Sekda Sukoharjo pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya