Bupati dan Wabup Wonogiri Dilantik Di Pendapa Rumdin, Acara Digelar Daring
Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri terpilih, Joko Sutopo-Setyo Sukarno. (Istimewa/Humas Wonogiri)

Solopos.com,WONOGIRI -- Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri akan jadi tempat pelantikan Joko Sutopo dan Setyo Sukarno sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri periode 2021-2026. Pelantikan akan digelar secara daring, Jumat (26/2/2021) mendatang. Pendapa dipilih karena tempat itu merupakan rumah rakyat.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Wonogiri, Haryono, mengatakan pelantikan digelar secara daring mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung. "Kami memilih tempat pelantikan di Pendapa Rumah Dinas Bupati. Karena menurut Pak Bupati, pendapa merupakan rumah rakyat. Namun protokol kesehatan akan diperketat. Tamu undangan yang mengikuti acara dibatasi," kata dia kompleks Sekretariat Daerah Wonogiri, Senin (22/2/2021).

Haryono menyatakan sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelantikan. "Tinggal menata sarana dan prasarana pendukung pelantikan. Kalau sarpras cepat disiapkan," ungkap dia.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Wonogiri Cenderung Turun, Ini Penjelasan Pemkab 

Haryono mendukung pelantikan segera dilakukan. Karena di masa pandemi Covid-19 dibutuhkan kecepatan dalam mengambil kebijakan strategis. Kebijakan strategis itu hanya bisa diambil oleh bupati definitif. Selaki Plh Bupati, Haryono tidak bisa mengambil kebijakan strategis, hanya melaksanakan tugas rutin hingga bupati definitif dilantik.

"Kami mendukung kebijakan ini. Dari awal kami juga menginginkan pelantikan bupati dan wakil bupati dilakukan secepat mungkin. Semoga tidak ada perubahan jadwal pelantikan," kata Haryono.

Haryono ditunjuk sebagai Plh Bupati pada 17 Februari lalu. Plh Bupati ditunjuk karena pelantikan Bupati dan Wabup Wonogiri terpilih pada pilkada 2020 lalu tertunda. Haryono ditunjuk langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mengemban tugas sebagai Plh hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom