ASN berjabat tangan seraya memohon maaf lahir batin dengan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di halaman Setda Sragen, Senin (10/6/2019). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN -- Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti acara halalbihalal di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Sragen pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, Senin (10/6/2019) pagi.

Sebelumnya, mereka berbaris rapi mengikuti apel. Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati hadir tetapi Wakil Bupati Dedy Endriyatno yang menjadi pembina apel pagi tadi.

“Apel selesai. Pemimpin barisan bisa membubarkan barisan dan melanjutkan agenda yang sudah direncanakan,” teriak Asisten II Setda Sragen, Suharto, yang menjadi pemimpin apel.

Usai penghormatan terakhir, para aparatur sipil Negara (ASN) tak kembali ke tempat kerja tetapi masih berkerumun di halaman. Bupati berdiri di ujung barat disusul Wabup, Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto, dan pejabat eselon II berjajar. 

“Selamat Idulfitri, minal aizin wal faizin. Mohon maaf lahir batin,” ucap setiap ASN yang berjabat tangan dengan Bupati. Bupati membalas setiap ucapan para ASN dengan jawaban senada.

Para ASN lainnya mengantre untuk berjabat tangan seraya memohon maaf lahir batin atas segala kata dan perbuatan selama setahun pada momentum halalbihalal sederhana itu. 

Kebiasaan bersalam-salaman itu merupakan tradisi rutin setiap tahun pada hari pertama masuk kerja pasca-Lebaran. Wabup Dedy memotivasi ASN agar meningkatkan kinerja selepas Lebaran.

“Anda dianggap berharga manakala memberi kontribusi terhadap tim. Sebaliknya, kalau Anda tidak mampu maka Anda tidak ada harganya dalam tim. Pada 2018 lalu banyak penghargaan yang diraih Sragen. Prestasi itu menjadi tangga yang berat untuk menuju tangga berikutnya yang lebih baik,” jelasnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten