SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, Seno Samodro. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Bupati Boyolali, Seno Samodro. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Bupati Boyolali, Seno Samodro menjadi salah satu dari 25 kepala daerah di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penghargaan tersebut diterima Bupati di Jakarta, saat peringatan Hari Otonomi Daerah XVII, Kamis (25/4/2013).

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/4/2013).

Wiwis mengungkapkan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden dalam hal pengaturan manajemen pemerintahan.

“Penghargaan itu diberikan kepada mereka yang telah mencapai indeks prestasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan status terbaik pada tataran pengambilan kebijakan dan pelaksana kebijakan di berbagai urusan pemerintahan bidang urusan wajib dan pilihan,” kata Wiwis.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani. (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Wiwis menjelaskan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) 2011 yang dilaksanakan tim tingkat nasional 10 April 2012, Kabupaten Boyolali telah ditetapkan peringkat ketiga terbaik nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan kabupaten.

“Keputusan itu ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI No 100-279 2012 tentang penetapan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap laporan penyelenggaraan pemerintah daerah yang diumumkan dan diterimakan 25 April 2012 pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XVI,” terangnya.

Berdasarkan prestasi tersebut, Wiwis mengatakan melalui Surat Menteri Dalam Negeri No 120.04/3825/OTDA 28 Juni 2012 perihal data profil penyelenggaraan pemerintah daerah, Pemkab Boyolali diminta menyusun dokumen tersebut sebagai bahan pertimbangan pengusulan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden kepada Bupati atas kepemimpinannya dalam mencapai prestasi tersebut.

Terpisah, Bupati mengatakan diterimanya penghargaan tersebut layak disyukuri sekaligus sebagai bukti Kabupaten Boyolali merupakan salah satu terbaik kabupaten di tingkat nasional.

“Penghargaan itu layak disyukuri sekaligus sebagai bukti Boyolali salah satu terbaik di tingkat nasional,” kata Bupati melalui pesan singkat saat dimintai tanggapan terkait hal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya