SOLOPOS.COM - Seno Samodro (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Seno Samodro (Dok/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Bupati Boyolali, Seno Samodro berniat mengirimkan delegasi dari Kota Susu yang akan mengemban misi kebudayaan ke sejumlah negara di Eropa tahun 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengiriman delegasi yang nantinya dibentuk dalam sebuah tim kesenian itu diperkirakan menelan biaya hingga Rp1,2 miliar.

“Hasil [pengiriman tim kesenian] secara fisik mungkin tidak terlihat. Tetapi melalui langkah tersebut, saya ingin membuka mindset [pola pikir] dan memperluas wawasan para pelajar Boyolali,” ujar Bupati ketika ditemui wartawan di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jumat (23/11/2012).

Alasan dipilihnya peserta dari kalangan pelajar, dijelaskan Bupati, karena dirinya berharap bisa menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dalam diri pelajar terhadap pelestarian dan memajukan kebudayaan, khususnya dari Boyolali. Pihaknya juga mentargetkan akan muncul generasi penerus seperti sosok seperti BJ Habiebie.

Tim kesenian tersebut, kata Bupati, akan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sri Ardiningsih. Tim itu akan memperkenalkan kesenian dari Boyolali dengan mengambil ikon Merapi dan Boyolali Tersenyum atau Smile City.

Jenis kebudayaan yang akan ditampilkan di Eropa nanti, dijelaskan Bupati, tidak menggunakan gaya bahasa namun akan lebih mengedepankan sisi keseniannya, seperti sendra tari, musik, mimik, gerak dan lagu. Setidaknya akan ada enam jenis kesenian yang ditampilkan, dengan rata-rata waktu penampilan selama 10 menit.

“Ya bisa saja nanti dibuat drama seperti Romeo dan Juliet from Boyolali,” kata Bupati.

Terkait rencana pengiriman tim tersebut, Bupati menyampaikan kemungkinan besar dana diambilkan dari APBD. Tim yang melibatkan kalangan pelajar itu akan melakukan perjalanan selama 10 hari di beberapa Negara di Eropa, salah satunya di Paris. “Tapi untuk bisa menjadi delegasi ini, harus melalui seleksi ketat yang diadakan Pemkab, khususnya bagi pelajar yang berprestasi. Saat ini kami sedang menyiapkan audisinya,” imbuh Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya