Kategori: Klaten

Buntut Klaster Kuliner Wonosari Klaten, 20 Warga Dites Swab


Solopos.com/Ponco Suseno

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 20 orang terkait klaster kuliner di Kecamatan Wonosari, Klaten, menjalani tes swab di Pusksesmas setempat, Senin (5/10/2020) pagi.

Swab test dilakukan menyusul adanya tracking kasus terkonfirmasi Covid-19 di klaster kuliner di Wonosari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, saat ini terdapat tujuh positif Covid-19 dari klaster kuliner di Wonosari, Klaten.

Sidang Perdana Suap Seleksi Perdes Trobayan Rabu Digelar Online

Dari kasus tersebut terdapat puluhan orang yang telah kontak erat. Munculnya klater tersebut berawal dari J selaku pemilik warung terkonfirmasi Covid-19.

"Sebanyak 20 orang menjalani tes swab di Puskesmas Wonosari hari ini. Jadwal swab berlangsung pukul 08.00 WIB-10.00 WIB," kata Camat Wonosari sekaligus Ketua Gusgas PP Covid-19 Klaten, Muhammad Nur Rosyid, kepada Solopos.com, Senin.

Di setiap kesempatan bertemu dengan warganya, Muhammad Nur Rosyid selalu mengingatkan pentingnya menaati protokol pencegahan Covid-19.

11 Ibu Hamil di Wonogiri Positif Covid-19

Hal itu termasuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan lainnya.

"Untuk memutus mata rantai virus corona, sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) terus dilakukan di tengah masyarakat," katanya.

Lebih Disiplin Menaati Protokol Kesehatan

Sebelumnya, Gusgas PP Covid-19 Klaten menyebutkan jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi Covid-19 di Klaten mencapai 660 orang hingga Minggu (4/10/2020).

Dari jumlah tersebut, 577 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sementara itu, sebanyak 61 orang lainnya dirawat di Rumah Sakit (RS) atau isolasi mandiri.

Kemudian, sebanyak 22 orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Ini Barang Bukti Disita Polisi terkait Bentrokan di Pedan Klaten

Di Kecamatan Wonosari sendiri terdapat 27 orang kontak erat dengan pasien positif Covid-19, 1 orang suspek, dan 14 orang terkonfirmasi Covid-19.

"Gusgas PP Covid-19 Klaten tetap mengimbau ke masyarakat agar senantiasa meningkatkan kesadarannya dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku," kata Jubir PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati