SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Sukoharjo membubarkan kerumunan driver online yang membeli pesanan BTS meal di gerai McD Solo Baru, Rabu (9/6/2021). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo akhirnya menutup paksa layanan online gerai McDonald's atau McD The Park Mall Solo Baru sebagai buntut kerumunan pembeli menu BTS meal saat penjualan perdana, Rabu (9/6/2021).

Penutupan order online ini untuk mengantisipasi membeludaknya lagi pesanan melalui aplikasi online hingga menyebabkan kerumunan saat pandemi Covid-19. Order melalui jasa online membeludak saat penjualan perdana menu spesial boyband asal Korea BTS itu di McD seluruh Indonesia, Rabu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satpol PP Sukoharjo Wardino menemukan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan (prokes) layanan penjualan BTS Meal McD di gerai The Park Mall Solo Baru.

Baca Juga: Beludak! Antrean BTS Meal di McD The Park Solo Baru Dibubarkan Satgas Covid-19

Pelanggaran itu antara lain manajemen tak mampu mengelola layanan pemesanan melalui jasa online hingga terjadi kerumuman driver ojek online (ojol) , serta tak menyiadakan sarana dan prasarana cuci tangan.

"Kami langsung ke lokasi dengan menerjunkan petugas setelah menerima laporan ada kerumuman di McD The Park Mal Solo Baru," kata dia, Rabu.

Kerumunan terjadi hingga keluar area gerai McD. Tak hanya itu membeludaknya pesanan online juga mengakibatkan kemacetan lalu lintas di jalan Ir Soekarno. Atas kondisi ini, petugas Satpol PP yang tiba di lokasi langsung membubarkan kerumuman.

Baca Juga: Antrean BTS Meal Picu Kerumunan, Satpol PP Solo Panggil Manajemen McD

Pemberitahuan Ke Satgas Covid-19

Manajemen McD juga dipanggil ke Kantor Satpol PP Sukoharjo setelah adanya kerumunan pembeli menu BTS meal siang itu. Satpol PP sangat menyayangkan manajemen McD The Park Mall Solo Baru yang tidak berkoodinasi dengan Satgas Covid-19 terkait peluncuran BTS Meal tersebut.

"Harusnya ada pemberitahuan ke Satgas Covid-19 sehingga dilakukan berbagai langkah agar tidak terjadi kerumunan. Namun ini yang terjadi tanpa laporan ke Satgas Covid-19," katanya.

Atas pelanggaran tersebut, Satpol PP meminta manajemen McD The Park Mall Solo Baru menutup layanan order online pada hari ini. Kemudian manajemen McD juga harus membuat skema agar layanan order online tidak menimbulkan kerumunan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Baca Juga: Viral Antrean Menu BTS di McD Solo Picu Kerumunan, Ini Tindakan Polisi

"Besok akan kami lihat jika memang masih ditemukan pelanggaran akan dijatuhi sanksi denda. Sementara ini baru peringatan dari kami," katanya.

Menurutnya, saat ini gerai McD The Park Mall Solo Baru mulai terlihat sepi dan tidak ada kerumunan driver ojek online. Hal ini setelah Satpol PP meminta manajemen McD menutup layanan order online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya