Buntut Kasus Tragedi Kanjuruhan, Pemerintah Rakor Lintas Kementerian

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah akan melakukan rapat koordinasi lintas kementerian pada Senin (3/10/2022) pukul 09.00 WIB.

 Sebuah mobil polisi berada di pinggir lapangan pascakerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Kerusuhan yang terjadi di stadion tersebut menyebabkan 13 unit mobil rusak, 10 unit diantaranya mobil polisi dan tiga unit mobil pribadi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nym.

SOLOPOS.COM - Sebuah mobil polisi berada di pinggir lapangan pascakerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Kerusuhan yang terjadi di stadion tersebut menyebabkan 13 unit mobil rusak, 10 unit diantaranya mobil polisi dan tiga unit mobil pribadi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nym.

Solopos.com, JAKARTAMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah akan melakukan rapat koordinasi lintas kementerian pada Senin (3/10/2022) pukul 09.00 WIB. Rapat ini akan membahas penanganan tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang.

Mahfud menyampaikan bahwa rapat tersebut menjadi salah satu arahan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pemerintah dapat segera mungkin menggelar rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga. Jokowi bahkan menyampaikan bahwa rapat tersebut harus dilakukan kurang dari 24 jam setelah instruksi tersebut diberikan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Pemerintah bersungguh-sungguh untuk menindaklanjuti, menyelesaikan masalah yang timbul akibat tragedi Kanjuruhan. Presiden langsung juga meminta saya segera secepatnya untuk mengadakan rakor lintas kementerian dan lembaga serta organisasi terkait,” terang Mahfud dikutip dari YouTube Kemenko Polhukam RI, Senin (3/10/2022).

Baca Juga Polri Dalami Protap Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Adapun, rapat lintas kementerian yang dilaksanakan di Kantor Kemenko Polhukam ini nantinya akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Sosial, Panglima TNI, Kapolri, KONI, dan PSSI. Menurut Mahfud, terdapat tiga hal utama yang akan menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi lintas kementerian itu.

Pertama, sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Jokowi, pemerintah diminta untuk dapat melakukan penelitian terhadap kemungkinan adanya tindak pidana atau pelanggaran hukum yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

Kedua, Jokowi meminta pemerintah untuk membahas tentang keperluan rehabilitasi serta santunan yang akan disampaikan kepada korban dan keluarganya, baik yang tengah menjalani perawatan maupun meninggal dunia.

Baca Juga Dua Polisi Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan Malang

“Kemudian [ketiga], diminta untuk mengantisipasi pengelolaan dunia sepak bola, Liga Indonesia ke depan agar menjadi lebih tertib dan beradab, dan tidak memberi image jelek di dunia internasional,” kata Mahfud.

Adapun, kerusuhan tersebut berawal dari keputusan seorang suporter Arema FC yang turun ke lapangan setelah Arema mengalami kekalahan dalam pertandingan dengan Persebaya Surabaya. Suporter tersebut kemudian mendekati pemain yaitu  Sergio Silva dan Adilson Maringa untuk meluapkan kekecewaannya.

Aksi nekat tersebut kemudian memicu ribuan suporter lain untuk ikut turun ke area lapangan dan turut menyampaikan rasa kekecawaan mereka. Kerusuhan tersebut akhirnya diwarnai oleh aksi lempar melempar berbagai macam benda ke arah lapangan, termasuk flare.  Hal ini lah yang pada akhirnya membuat aparat kepolisian untuk menembakan gas air mata di area lapangan dan tribun.

Baca Juga Tragedi Ricuh Laga Arema FC vs Persebaya

Akhirnya, ribuan penonton yang panik berdesakan keluar stadion sehingga jatuh korba jiwa akibat terinjak-injak hingga sesak nafas. Dilaporkan juga ada dua personel kepolisian yang gugur dalam peristiwa nahas ini.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Buntut Kasus Tragedi Kanjuruhan, Pemerintah Gelar Rakor Lintas Kementerian Pagi Ini

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mendagri Ungkap Daerah dengan Serapan APBD Rendah, Ini Daftarnya

      Sejumlah daerah serapan APBD masih rendah meski tahun anggaran 2022 tinggal sebulan selesai.

      14.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun akibat Jumlah Dokter Jantung Minim

      Menkes mengatakan kelainan jantung bawaan menjadi penyebab kematian bayi tertinggi ketiga di Indonesia.

      Usul Kriteria Pemimpin Ditambah, Bahlil: Selain Rambut Putih, Berkepala Botak

      Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, memberikan saran tambahan kepada Presiden Jokowi terkait kriteria pemimpin pada Pilpres 2024, yakni berkepala botak.

      Hanya 20 Persen RSUD di Indonesia yang Bisa Pasang Ring Jantung

      Kemenkes akan mengalokasikan anggaran agar rumah sakit daerah tersebut memiliki dokter spesialis jantung.

      Gempita Piala Dunia Qatar, 400 Nyawa jadi Tumbal

      Qatar menggelontorkan dana paling besar sepanjang sejarah Piala Dunia, yakni senilai 200 miliar dollar AS atau setara Rp3,13 kuadriliun.

      Jokowi Sebut Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Ini Alasannya

      Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menyebut warga di Provinsi Maluku Utara menjadi yang paling bahagia di Indonesia.

      Belum Ditemukan, Pilot Helikopter Polri Diperkirakan Masih Terikat di Kokpit

      Ia menjelaskan, asumsi pertama pilot Helikopter NBO-105 Polri tersebut masih berada di dalam kokpit.

      Presiden Geram Uang APBD Rp278 Triliun Ngendon di Bank

      Tahun ini, menurut Presiden, uang APBD yang ngendon di bank mencapai Rp278 triliun.

      Jumlah Dokter Jantung Anak Minim, Menkes: 14.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun

      Menkes, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa sekitar 14.000 bayi meninggal setiap tahun akibat kelainan jantung bawaan atau congenital heart disease.

      Misteri Empat Jasad Mengering Kalideres

      Berbagai fakta tentang satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat itu terus bermunculan namun belum mampu mengungkap misteri kematian mereka.

      Warganet Dukung Bharada Eliezer: Terima Kasih, Teruslah Jujur demi Yosua

      Warganet mendukung Eliezer yang merupakan penembak Yosua itu terus berkata jujur di persidangan.

      Anggota Brimob Diadang lalu Ditembaki di Papua, 2 Tertembak, 1 Gugur

      Petugas patroli Damai Cartenz ditembaki ketika melintas di Dekai, Kabupaten Yahukimo hingga terjadi baku tembak.

      Fakta Persidangan: Sebelum Dibunuh Yosua Sempat akan Dicelakai di Jalan

      Bripka Ricky Rizal disebut berniat menabrakkan sisi kiri mobil yang ditempati Brigadir Yosua.

      Breaking News, 1 Anggota Brimob Gugur dalam Baku Tembak dengan KKB Papua

      Informasi yang dihimpun menyebutkan, baku tembak Brimob dan KKB Papua terjadi di KM 9 Dekai, Kabupaten Yahukimo.

      Sadisnya Pembunuhan Yosua, Dieksekusi tanpa Sempat Diinterogasi

      Brigadir Yosua dieksekusi Bharada Richard Eliezer atas perintah Ferdy Sambo tanpa sempat diinterogasi.