SOLOPOS.COM - Bunga Chamomile

Bunga Chamomile

Nama chamomile jarang terdengar, tetapi jika melihat bentuknya akan mudah mengenali. Ia termasuk keluarga bunga matahari. Tercatat di wikipedia, chamomile termasuk tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit antara lain sakit perut, radang usus dan sulit tidur (insomnia).

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

 

“Orang banyak menyebut bunga matahari meski lebih kecil, digunakan untuk teh atau obat balur luar kalau terkena luka bakar,” ujar pemilik kios teh herbal di Bantul, Dwiyanto, Sabtu (8/12/2012).

Dwiyanto mengatakan, bunga yang biasanya berwarna putih dan kuning itu dijemur dan dikeringkan sebelum dijadikan teh seduh. Produk teh bunga chamomile bahkan sudah ada yang dipasarkan dengan sebutan teh bunga matahari.

 

Teh chamomile termasuk teh herbal dengan kegunaan untuk obat penenang dan obat sakit perut. Jika diseduh akan melarutkan warna kuning kecokelatan yang mengandung minyak esensial. Kandungan dalam chamomile di antaranya sari minyak bisabolol, flavonoid, dan coumarin yang memiliki sifat dingin dan antiradang.

 

Cara terbaik mengonsumsi chamomile yakni dengan menyeduhnya menggunakan air panas. “Kalau di salon-salon kecantikan ditawarkan teh bunga matahari untuk menenangkan dan relaksasi otot,” ujar pemilik salon kecantikan di Umbulharjo, Marhaeniwati, Sabtu.

 
Untuk pengobatan luar penyakit gatal-gatal , menurut Marhaeniwati, chamomile bisa digunakan setelah dipetik. Caranya dengan meremas bunga beserta bijinya lalu diusapkan ke bagian kulit yang gatal. Cara itu diulang hingga luka gatal mengering.

 
Sementara dari catatan kegunaan teh herbal, chamomile bisa mengatasi insomnia karena bekerja menenangkan saraf tidur. Selain itu, teh yang diminum di sela makan dipercaya mampu mencegah diabetes.

 
Manfaat Bunga Chamomile

– Diseduh sebagai teh, digunakan untuk sakit pinggang, rematik dan masalah ruam.

– Dijadikan salep, digunakan untuk wasir, dan luka.

– Diseduh dan digunakan uapnya untuk mengurangi gejala pilek atau asma.

– Membantu pencernaan ketika diminum sebagai teh setelah makan.

– Meredakan mual dan muntah selama kehamilan.

– Mempercepat penyembuhan luka kulit, luka, atau luka bakar.

– Meningkatkan relaksasi secara umum dan menghilangkan stres.

– Mengendalikan insomnia.

– Diseduh untuk dikumur sebagai obat menyembuhkan sariawan dan mencegah penyakit gusi.

Diolah dari berbagai sumber

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya