SOLOPOS.COM - Bastian Schweinsteiger dibopong rekan setimnya saat menjalani laga perpisahan bersama Timnas Jerman. (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Bastian Schweinsteiger resmi pensiun dari Timnas Jerman setelah melakoni laga perpisahan.

Solopos.com, MOENCHENGLADBACH – Perpisahan emosional dialami Bastian Schweinsteiger seusai menjalani penampilan terakhirnya bersama timnas Jerman di Borussia Park, Rabu (31/8/2016). Dengan membawa sebungkus bunga, Basti menangis di antara applaus ribuan fans yang menggema di sekelilingnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiga kali namanya diteriakkan oleh fans yakni saat penayangan montase gol-gol Basti, pelukannya dengan sang sahabat, Lukas Podolski serta pelukan bersama Angela Merkel di Maracana dua tahun lalu, setelah Basti menjadi salah satu pemain Jerman berpenampilan terbaik sepanjang masa.

Sebelum kick-off melawan Finlandia, pemain Manchester United ini sudah tak kuasa menahan emosi. Berulangkali Basti mengusap air mata yang membasahi pipi. Pemain tim-pemimpin-idola, hadiah perpisahan berupa kolase itu dibaca Basti dengan mata memerah. “Saya tidak menyangka bisa seemosional ini,” ujar Basti seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Di pertandingan persahabatan yang dimenangi Jerman dengan skor 2-0 ini, Schweini bermain hingga menit ke-68 sebelum diganti Julian Weigl. Meski tidak mencetak gol, setiap sentuhannya mendapat applaus fans. Malam itu, kemenangan tampaknya bukan menjadi yang utama bagi fans maupun pemain Jerman. Semua larut dalam kesedihan melepas sang kapten. Pelatih Jerman, Joachim Low, memeluk hangat Basti saat dia ditarik keluar. “Terima kasih untuk semua yang hadir di sini. Saya berterimakasih dan berharap bisa bertemu lagi,” ujar Basti.

Saat pertandingan, seorang fan sempat memasuki pinggir lapangan untuk berswafoto dengan Basti. Bos lama Basti di Bayern Munich, Juup Heynckes, ikut menambah kesan perpisahan dengan memberikan plakat hasil bikinan keluarganya yang bertuliskan “Danke Basti” (Terima Kasih Basti).

Bastian Schweinsteiger telah membela Tim Panser selama 12 tahun dengan koleksi 121 caps. Dia juga menjadi bagian tim yang memenangi Piala Dunia 2014. Satu-satunya hal yang mengganjal dalam perpisahan Basti adalah stadion yang tidak terisi penuh. Hanya sekitar 30.000 tiket dari total 44.000 tiket yang terjual di Borussia Park, markas Borussia Monchengladbach. Meski demikian, fans yang hadir tetap menilai Basti sebagai sosok yang layak dikenang.

“Semangatmu sudah memacu tim, Basti. Kami berterimakasih dan merasa sedih,” ujar fans. Auf wiedersehen (sampai jumpa) Basti!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya