SOLOPOS.COM - Bunga bangkai (ilustrasI)

Bunga bangkai (ilustrasi google img)

Solo  (Solopos.com)--Bunga bangkai (Amorphophallus titanium) ditemukan tumbuh di halaman rumah Putut Hari Prabowo, 48, warga RT 2/RW IV Lingkungan/Kelurahan Purwodiningratan, Jebres, Solo. Bunga itu ditemukan, Minggu (27/11/2011) pagi di dekat tempat sampah saat Putut tengah membuang ranting pohon yang baru dipangkas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ditemukan, bunga itu belum mekar sempurna sehingga belum menguarkan bau busuk. Bau itu baru bisa tercium dalam jarak beberapa sentimeter. Tetapi dilihat dari bentuknya, Putut sangat yakin itu adalah bunga bangkai. Sebab, meski tidak pernah merasa menanam, itu adalah kali kedua Putut mendapati bunga bangkai tumbuh di pekarangan rumahnya.

“Yang pertama terjadi sekitar setahun lalu. Saat ditemukan sudah mekar jadi bau busuknya tercium sampai ke mana-mana. Tetangga saya yang pertama kali mencium bau busuk dari arah rumah saya. Dia mengira ada tikus atau binatang yang mati. Setelah dicari-cari ternyata bunga bangkai itulah sumbernya. Saya bahkan sempat mencari informasi di internet untuk memastikan bahwa itu memang bunga bangkai,” kata Putut, saat ditemui wartawan di rumahnya, Minggu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, bunga bangkai yang ada di pekarangan rumah Putut itu bentuknya masih kuncup. Tingginya hanya sekitar 20 cm. Lapisan-lapisan kelopaknya masih menempel pada tongkol yang berwarna ungu. Kelopak tersebut ada bagian berwarna kuning di sepanjang tepinya. Putut mengatakan akan membiarkan saja bunga itu sampai mati sendiri.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya