SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Bunga aneh yang menyerupai bunga bangkai tumbuh di sekitar rumah kosong di Dusun Purwosari, Baleharjo, Wonosari. Bunga yang tiga batang di antaranya berukuran besar itu ditemukan warga saat melakukan kerjabakti, Kamis (27/10) setelah mencium bau menyengat dari sekitar pekarangan rumah tersebut.

Karena bau yang menyengat warga datang silih berganti untuk menyaksikan bunga aneh tersebut terutama anak-anak yang rela memanjat dinding pagar setinggi tiga meter untuk melihat bunga itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rumah tersebut sudah tidak berpenghuni lagi. Tiga batang yang tumbuh setinggi berapa 35 cm dengan diameter sekitar 25 cm sedang puluhan lainnya dalam keadaan tunas dengan tinggi sekitar 10 cm dengan jarak yang berdekatan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau yang kecil ini tidak bau,” ujar Yusuf Adhitya kepada Harian Jogja, di lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut, Kamis (27/10). Ia menambahkan, tumbuhnya bunga bangkai memang baru kali pertama terjadi di dusunnya sehingga cukup menyedot perhatian.

Dava Krisna Saputra, ia sudah berkali-kali datang ke lokasi ditemukannya bunga bangkai tersebut karena merasa penasaran. Siswa kelas VI SD 2 Wonosari ini bahkan mengajak teman-temannya untuk melihat bunga yang berada di rumah tua terkenal angker tersebut.

Dosen Biologi, Fakultas Biologi UGM, Retno Peni Sancayaningsih menjelaskan bunga bangkai bisa saja tumbuh di daerah kapur seperti Gunungkidul. Hanya saja untuk memastikan bunga aneh itu merupakan bunga bangkai perlu melakukan pengamatan lebih lanjut.(Harian Jogja/Sunartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya