Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

 Sejumlah instalasi lampu terpasang di kawasan Jl Jenderal Sudirman, Solo, Rabu (10/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Sejumlah instalasi lampu terpasang di kawasan Jl Jenderal Sudirman, Solo, Rabu (10/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali mempercantik kawasan Jl Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede dengan instalasi cahaya berkonsep lampu wuku. Instalasi cahaya bakal terpasang lebih dari satu bulan.

Pantauan Solopos.com, Rabu (10/8/2022), sejumlah instalasi sudah terpasang, di antaranya box lighting dengan gambar tokoh pada wuku di depan Balai Kota Solo dan di tengah Jl Jenderal Sudirman, Solo.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Selain itu, sejumlah instalasi juga telah terpasang atau digantung di atas jembatan Jl Urip Sumoharjo, Solo, atau arah menuju Pasar Gede Solo dari Balai Kota Solo.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan memasang instalasi cahaya dengan konsep Wuku dari Bundaran Gladag hingga Pasar Gede untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan serta bulan Sura. Wuku merupakan bagian siklus penanggalan Jawa.

Perhitungan wuku menentukan hari baik dan hari buruk terkait dengan weton. “Bagus itu untuk edukasi warga. Ada horoscope, ada shio, namun kami punya sendiri dengan Wuku,” jelasnya.

Baca Juga: Malam Hari, Halaman Balai Kota Solo Tak Ubahnya Area Bermain Anak-Anak

Wali Kota Solo mengaku belum memahami siklus Wuku. Namun konsep itu bagus untuk mengedukasi warga selain untuk menarik warga berkunjung ke Balai Kota Solo.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Is Purwaningsih menjelaskan pemasangan instalasi itu bagian dari  Solo Light Festival.  Pemasangan lampu interaktif ini terbentang dari Bundaran Gladag sampai dengan Tugu Jam Pasar Gede Solo.

Pengetahuan Tradisional

“Pemasangan lampu dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, melestarikan pengetahuan tradisional pawukon, serta pengembangan destinasi pariwisata alternatif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara,” katanya melalui Whatsapp.

Baca Juga: Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

Is, sapaannya, mengatakan Solo Light Festival menjadi sarana media promosi dan rekreasi alternatif bagi masyarakat Solo, wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu menciptakan event pariwisata dan ekonomi kreatif yang potensial menjadi daya tarik wisata untuk berkunjung ke Kota Solo dan sarana apresiasi terhadap seni instalasi.

Solo Light Festival berlangsung mulai 8 Agustus sampai 12 September 2022 dan lampu akan dinyalakan dari pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB. Instalasi lampu tersebut terdiri dari lampu sangga buana enam sisi sebanyak 300 lampu.

Selanjutnya, 300 prisma segi empat, 10 lampu Wuku di mana satu lampu wuku memuat tiga tokoh wuku. Ada juga tiga instalasi Wayang Wuku (shinta, landep, dan watu gunung) dan  tiga lentera.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mencuri Ponsel untuk Berfoya-Foya, Residivis Asal Ceper Klaten Ditangkap Polisi

      Residivis pencurian ponsel asal Ceper, Klaten, ditangkap Tim Satreskrim Polres Klaten setelah beraksi di wilayah Kecamatan Bayat.

      Kodim Karanganyar Serahkan Bantuan untuk 12 Eks Napiter

      Dalam rangka HUT ke-77 TNI, Kodim 0727/Karanganyar menyerahkan bantuan paket sembako kepada para eks napi terorisme (napitr), warakawuri, dan veteran.

      Kementan: 14,8 Juta Ternak Harus Dipasangi Anting Ear Tag Tahun Ini

      Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan sebanyak 14,8 juta ternak dipasangi anting ear tag atau penanda identitas hingga Desember 2022.

      Kirab Grebeg Maulud Solo Kembali Digelar, 150 Petugas Keamanan Disiagakan

      Diprediksi bakal dipadati ribuan warga, acara Grebeg Maulud di Keraton Solo akan dikawal oleh 150 personel gabungan untuk mengamankan jalannya acara yang kali pertama digelar sejak pandemi Covid-19.

      Respons Putusan MA, Komunitas Sriwedari Desak Pemkot Solo Lakukan Revitalisasi

      Forum Komunitas Sriwedari (Foksri) meminta Pemkot Solo segera menindaklanjuti putus MA soal tanah Sriwedari dengan langkah-langkah konkret. Langkah tersebut melalui revitalisasi.

      Jembatan Sasak Sukoharjo Rusak Diterjang Hujan, Perbaikan Tunggu Air Surut

      Jembatan sasak pertama di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo rusak karena diterjang hujan, Kamis (6/10/2022).

      Cakades di Sragen Curi Start Kampanye, Panitia Pilkades: Yang Penting Kondusif

      Para cakades yang akan bersaing di pilkades serentak di Sragen sudah curi start dengan memasang baliho kampanye. Panitia Pilkades tak mempersoalkan itu sepanjang tidak ada protes dari para cakades.

      Tanggulangi Wabah PMK di Boyolali, Pemkab Mulai Data Ternak Sapi dan Kerbau

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan pascapenurunan data penyakit mulut dan kulit (PMK) di Boyolali.

      Menunggu Pelanggan, 2 PSK Paruh Baya Terjaring Operasi Pekat di Solo

      Dua perempuan pekerja seks komersial mendapatkan pembinaan setelah terjaring razia pekat Polsek Banjarsari, Solo. Keduanya bukan berasal dari Solo.

      Transformasi Jabung, Salah Satu Desa Termiskin di Sragen yang Kini Naik Kelas

      Program tuntas kemiskinan (Tumis) yang untuk kali pertama dilakukan Pemkab Sragen dinilai berhasil mengentaskan Desa Jabung di Kecamatan Plupuh dari kemiskinan. Kini semua warganya berada di atas garis kemiskinan.

      Hore! Kasus PMK Boyolali Melandai, Nol Penambahan hingga Oktober Ini

      Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali mulai melandai disusul dibukanya Pasar Hewan di Boyolali.

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.