SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO–Kantor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Solo mulai beramai-ramai membuka toko ritel.Setelah Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre III Surakarta siap membuka Bulog Mart, PT Pos Indonesia Cabang Solo juga bakal membuka PostShop, awal Oktober mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Solo, Achmad Chairul Hadi menyampaikan saat ini pihaknya sudah mempersiapkan lahan untuk membangun toko ritel tersebut yang berlokasi di antara Kantor Pos Solo dengan Bank Indonesia (BI) Solo. Luas bangunan yang diperlukan hanya sekitar 5 x 11 meter persegi.

“Di Solo, PostShop akan kami buka bekerja sama dengan Indomaret dan beberapa koperasi,” kata Chairul, kepada Solopos.com, Selasa (18/9/2012). Koperasi yang akan bekerja sama bisa lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengenai investasi, Chairul menyampaikan belum tahu nilainya. Tapi, kata dia, toko ritel yang akan dibuka akan ideal sebagaimana toko ritel pada umumnya.

“Ini merupakan diversifikasi usaha PT Pos Indonesia. Kami mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dengan membuka toko ritel.”

Di PostShop itu, PT Pos Indonesia tidak hanya menjual benda pos, tapi juga kebutuhan sehari-hari.

“Selain kami menjual kebutuhan hidup sehari-hari, di toko ritel itu kami juga menjual benda pos seperti perangko, materai dan layanan pos online.”

Untuk persiapan awal, PT Pos Indonesia belum ada rencana rekrutmen karyawan baru yang akan mengisi tenaga kerja di PostShop tersebut.

“Kami akan mengoptimalkan sumber daya manusia yang sudah ada. Tapi tentunya akan kami training dulu.”

Dihubungi terpisah, Kepala Bulog Subdivre III Surakarta, Edhy Rizwan menambahkan realisasi Bulog Mart akan diawali dengan membuka jaringan toko binaan. Selain toko binaan, Bulog juga sedang menyusun MoU dengan RS Yarsis untuk membuka UKM Mart.

“UKM Mart dan toko binaan nanti akan kami berdayakan untuk menjadi mitra kerja kami,” kata Edhy.

Di Subdivre III Surakarta, kata Edhy, nantinya akan memiliki lima Bulog Mart. Satu Bulog Mart akan direalisasikan dengan mengaktifkan kembali Rumah Beras yang lokasinya ada di Kantor Bulog Subdivre III Surakarta.

“Rencananya akhir tahun ini kami sudah bisa merealisasikan satu Bulog Mart.”

Seperti diketahui, Bulog Mart nantinya akan melayani produk-produk kebutuhan pokok seperti beras kualitas premium, gula, minyak dan lain-lain. Konsep Bulog Mart juga sama seperti toko ritel modern lainnya. Produk-produk yang dijual di toko tersebut, akan dikemas dalam kemasan menarik sehingga pembeli merasa nyaman saat berbelanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya