SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Lahan sawah baru seluas 100.000 hektare bakal digarap di Kalimantan Barat. ini untuk mengantisipasi penyusutan lahan pertanian yang terjadi saban tahun.

Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam rapat koordinasi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (10/10/2012) menyatakan, 100.000 hektare lahan tersebut awalnya bakal digarap di Kalimantan Timur. Namun karena terkendala kesiapan lahan akhirnya dialihkan ke Kalimantan Barat yang lahanya lebih siap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Investasi senilai Rp9 triliun itu dimulai tahun ini. “Untuk tahun ini kita mulai 1.500 hektare dulu. Investasi senilai Rp9 triliun ini untuk modal dan juga pakai teknologi,” ujarnya.

Lahan-lahan tersebut tetap akan dimiliki petani dengan bukti sertifikat. Hanya saja pengelolaanya dilakukan bersama pemerintah. Dahlan menyebut, saban tahun lahan persawahan terus menurun akibat pembangunan perumahan. Untuk mengamankan pangan nasional dibutuhkan persediaan lahan yang tak akan dialih fungsikan untuk kegiatan lain. Keberadaan lahan ini juga mendukung produksi beras nasional.

Selain pertanian, Kementerian BUMN kini juga menerapkan peternakan sapi menggunakan pakan pelepah dan daun sawit. Selama ini satu batang kelapa sawit yang menghasilkan 20 pelepah dalam setahun dibuang begitu saja. Peternakan yang terintegerasi dengan perkebunan sawit ini bakal diperuntukan bagi petani di perkebunan tersebut.

“Supaya jangan hanya perusahaanya saja yang untung tapi juga petani-nya. Jadi peternakanya untuk mereka,” tutur Dahlan. Saat ini menurutnya ada sekitar 20.000 ternak. 1.000 diantaranya terdapat di Jambi. Tahun depan ditargetkan 100.000-300.000 ternak sapi dikelola petani lahan sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya