SOLOPOS.COM - Ilustrasi planet di galaksi lain yang setara dengan bumi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Astronom mengungkap temuan planet serupa Bumi di puast galaksi Bulge. Planet ini terbilang langka lantaran memiliki ukuran dan orbit yang sama dengan Bumi.

Penjelasan Baru Soal Planet Misterius yang Tiba-Tiba Hilang dari Angkasa

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para ilmuwan dari University of Canterbury (UC) menemukan planet langka yang diberi istilah "Bumi-Super" di pusat Galactic Bulge. Planet ini memiliki sekitar 617 hari dalam setahun, sementara Bumi sekira 365 hari.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Antonio Herrera Martin dan Profesor Michael Albrow, keduanya merupakan bagian dari tim astronom internasional yang berkumpul bersama dalam penelitian "Bumi-Super".

Peneliti Sebut Exoplanet WASP-39b Mengandung Uap Air

Planet di Galaksi Lain

Peneliti juga mengungkap bahwa bintang induk planet adalah 10 persen massa Matahari. Menurut Dr Martin, planet itu ditemukan menggunakan teknik yang disebut microlensing di mana gravitasi gabungan planet dan bintang inangnya menyebabkan cahaya dari bintang latar yang lebih jauh diperbesar dengan cara tertentu.

Teknik microlensing ini pertama kali diamati secara independen pada tahun 2018 oleh Eksperimen Gravitasi Lensa Optik (OGLE) menggunakan teleskop di Chili. Itu dikonfirmasi ulang oleh Korea Microlensing Telescope Network (KMTNet) yang menjadi milik para astronom UC, menggunakan tiga teleskop identik di Chili, Australia, dan Afrika Selatan.

Lagi, NASA Kirim Robot ke Planet Mars

Sesuai laporan dalam Tech Explorist, planet ini memiliki massa di suatu tempat antara Bumi dan Neptunus. Itu mengorbit di lokasi antara Venus dan Bumi dari bintang induknya. Hasil temuan telah dipublikasikan di The Astronomical Journal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya